Biden Bilang "Hello" ke Kim Jong Un, Isyarat Apa Nih?

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
22 May 2022 19:00
BIDEN BERTEMU PRESIDEN BARU KORSEL, MAU BAHAS APA?

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke beberapa negara di Asia. Sebelum bertolak ke Jepang, Biden berkunjung ke Korea Selatan dan mengucapkan "Halo" kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Dalam kesempatan itu, Biden juga mengungkapkan kalau dirinya tidak khawatir dengan ujicoba nuklir baru Korea Utara, yang menjadi pertama dalam lima tahun terakhir.

"Kami siap untuk apa pun yang dilakukan Korea Utara," kata Biden, dikutip dari Reuters, Minggu (22/5/2022).


Pendekatan Biden dianggap tidak menghasilkan terobosan besar, dan Korea Utara telah kembali menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya, sementara laporan intelijen menunjukkan negara itu sedang mempersiapkan uji coba nuklir baru.

Sehari sebelumnya, Biden dan mitra barunya dari Korea Selatan, Presiden Yoon Suk-yeol, setuju untuk mempertimbangkan latihan militer yang lebih besar dan berpotensi mengerahkan lebih banyak senjata Amerika berkemampuan nuklir ke wilayah tersebut sebagai tanggapan atas uji coba senjata Korea Utara.

Sementara itu, Korea Utara belum menanggapi tawaran AS, termasuk tawaran vaksin COVID-19.

Di pangkalan udara AS di selatan Seoul, Biden dan Yoon mengunjungi pusat operasi udara. Pasukan Amerika dan Korea Selatan, di belakang proyektor komputer besar yang menunjukkan peta perbatasan yang memisahkan Korea Utara dan Selatan, ditugaskan untuk bertahan melawan rudal apa pun yang mungkin diluncurkan oleh Korea Utara.

Selain Korea Selatan dan Jepang, Biden juga akan berkunjung ke India dan Australia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Korsel Minta Nuklir AS Ada di Negaranya, Persiapan Perang?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading