Jreng! Covid-19 RI Menurun Diduga Bukan Cuma Karena Vaksinasi

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
21 May 2022 21:39
Warga berjalan di jembatan Tebet Eco Park di Jakarta, Rabu (18/5/2022) Presiden Joko Widodo melonggarkan kebijakan terkait aturan pemakaian masker dengan memperbolehkan warga tidak mengenakan masker di luar ruangan apabila tidak dalam kondisi kerumunan menyusul kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini terkendali. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa waktu belakangan ini, tanah air diselimuti kabar baik dengan menurunnya kasus Covid-19. Hal ini membuat pembatasan lebih dilonggarkan seperti jarak duduk di angkutan umum.

Bahkan yang terbaru, Presiden Joko Widodo telah mengizinkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker lagi.

Survei yang dilakukan pihak Kementerian Kesehatan bersama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menemukan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia turun bukan hanya karena vaksinasi saja, melainkan kemungkinan berasal dampak dari infeksi virus itu sendiri.


Dari hasil survei serologis antibodi Covid-19 terungkap antibodi masyarakat Indonesia mencapai 99,2%. Ini terjadi jelang Lebaran tahun ini. Antibodi itu terbentuk karena dua hal, yakni vaksinasi dan infeksi Covid-19 yang terjadi pada masyarakat sebelumnya.

"Artinya 99,2% populasi masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beberapa waktu lalu.

Dilaporkan jika kadar antibodi Indonesia meningkat, dari sebelumnya 500-600 menjadi 7.000-8.000. Budi mengatakan ini menunjukkan masyarakat telah memiliki kadar antibodi tinggi selain peningkatannya itu sendiri. Dengan begitu, bisa mengurangi risiko masuk rumah sakit dan meninggal saat terinfeksi virus Covid-19.

"Ini menunjukkan masyarakat bukan hanya yang sudah memiliki antibodi tapi kadar antibodinya tinggi. Sehingga kalau nanti diserang virus daya tahan tubuh bisa cepat menghadapinya, dan mengurangi sekali risiko masuk rumah sakit apalagi risiko untuk wafat," kata Budi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Enggak Susah, Begini Cara Cetak Sertifikat Vaksin dari Rumah


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading