Internasional

AS Cs Bakal Rapat Besar "Dekat" RI, Apa Kata Pemerintah?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 May 2022 17:30
Gedung Kemenlu (Detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) dan sekutunya di Asia Pasifik kemungkinan akan melakukan pertemuan. Paman Sam tergabung dalam aliansi Quadrilateral Security Dialogue (QUAD) dengan Jepang, Australia, dan India.

Pertemuan ini diyakini untuk memperkuat "tatanan internasional yang bebas" di sela-sela kunjungan Presiden Joe Biden ke Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. Biden akan melakukan safari ke dua negara itu, dari 20 Mei hingga 24 Mei mendatang.


Terkait hal ini, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah buka suara. Ia mengatakan Indonesia tidak menginginkan eksklusifitas antar negara.

"Yang kita inginkan adalah suatu hubungan inklusif dan semua negara berkomitmen bagi adanya stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik, khsusunya di kawasan Asia Tenggara," katanya dalam press briefing virtual, Kamis (19/5/2022).

"Harapan Indonesia, apapun kerja sama yang dibangun oleh negara-negara di kawasan Indo-Pasifik ikut berkontribusi bagi satu tatanan kawasan yang damai dan stabil, serta memungkinkan tumbuhnya perekonomian dan kesejahteraan di kawasan itu."

"Selain itu menjadi satu tatanan yang bersifat terbuka dan inklusif serta memberikan ruang pada siapapun di negara kawasan atau sekitarnya, untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kebaikan bersama."

Teuku juga mengatakan kawasan Indo-Pasifik memiliki ASEAN Outlook on Indo-Pasific. Tujuannya menginginkan adanya suatu kawasan yang bersifat terbuka dan memberikan kemakmuran bersama yang bersifat inklusif.

"Jadi bagi Indonesia dan berbagai negara di kawasan, konsep ini diharapkan bisa merangkul, tidak hanya negara di kawasan, tetapi juga negara yang memiliki hubungan dan interaksi yang cukup tinggi di kawasan," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Top! RI Capai Target Vaksinasi Covid-19 WHO


(tfa/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading