Neraca Dagang RI Surplus US$ 7,56 M, Rekor Sepanjang Masa!

News - Cantika AP Noveria, CNBC Indonesia
17 May 2022 11:38
Pekerja melakukan pendataan bongkar muat kontainer peti kemas di Terminal 3 Tanjung Priok, Jakarta, Senin (22/11/2021). Pemulihan ekonomi global dari pandemi Covid - 19 dinilai lebih cepat dari yang diekspektasi banyak pihak. Sehingga produksi dan perdagangan melonjak signifikan yang membuat ketidakseimbangan pasar, yang berimbas pada kekurangan bahan baku dan kelangkaan kontainer.. (CNBC Indonesia/ Muhammad Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai ekspor Indonesia pada April 2022 mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Ini membuat neraca perdagangan juga membukukan rekor baru.

Pada Selasa (17/5/2022), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan nilai impor Indonesia pada bulan lalu sebesar US$ 19,76 miliar. Tumbuh 21,97% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy).

Pada April 2022, BPS merilis nilai ekspor adalah US$ 27,32 miliar, rekor tertinggi sepanjang sejarah Indonesia merdeka. Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia membukukan surplus US$ 7,56 miliar, yang juga rekor tertinggi.


Kini Indonesia sudah menikmati surplus neraca perdagangan selama 24 beruntun, dua tahun tanpa putus. Rekor terpanjang pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun rekor ini belum bisa mematahkan pencapaian pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada masa SBY, surplus neraca perdagangan pernah terjadi selama 42 bulan berturut-turut, Oktober 2004 hingga Maret 2008.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Impor Melonjak, Ekonomi RI Siap-siap Ngegas Pak Jokowi?


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading