India Masih Ekspor Gandum ke Negara Tertentu, RI Termasuk?

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
16 May 2022 12:40
Ilustrasi (Photo by TymurKhakimov via pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - India masih bersedia mengirimkan gandum ke negara-negara yang membutuhkan meski dua hari sebelumya terjadi pelarangan pada ekspor gandum pada negara-negara tertentu.

Sekretaris Perdagangan India BVR Subrahmanyam mengatakan bahwa pemerintah juga akan mengizinkan perusahaan swasta untuk memenuhi komitmen sebelumnya untuk mengekspor hampir 4,3 juta ton gandum hingga Juli.

India mengekspor 1 juta ton gandum pada bulan April, terutama pada negara tetangga seperti, Bangladesh, Nepal, dan Sri Langka.


"India memutuskan untuk melakukan ekspor dengan melakukan stabilitas harga domestik yang terus meningkat. Harga gandum dunia telah meningkat lebih dari 40% sejak awal tahun," ungkap Subrahmanyam dalam ABCNews, dikutip Senin (16/5/2022).

Sebelum perang, Ukraina dan Rusia menyumbang sepertiga dari ekspor gandum dan jelai global. Sejak invasi Rusia 24 Februari, pelabuhan Ukraina telah diblokir dan infrastruktur sipil serta gudang gandum telah dihancurkan.

Sementara itu, Direktorat Perdagangan Luar Negeri India mengatakan lonjakan harga gandum global mengancam ketahanan pangan India dan negara-negara tetangga dan rentan. Pada saat yang sama, panen gandum India sendiri mengalami gelombang panas yang memecahkan rekor yang menghambat produksi.

Dia mengatakan produksi gandum India tahun ini turun tiga juta ton dari 106 juta ton tahun lalu. Harga gandum telah melonjak 20-40% di India.

"Kenaikan harga saat ini tampaknya merupakan reaksi panik daripada reaksi yang didasarkan pada jatuhnya pasokan atau lonjakan permintaan yang tiba-tiba," kata Subrahmanyam.

Meskipun merupakan produsen gandum terbesar kedua di dunia, India mengkonsumsi sebagian besar gandum yang dihasilkannya. Itu telah menetapkan tujuan untuk mengekspor 10 juta ton biji-bijian pada 2022-23, mencari untuk memanfaatkan gangguan global terhadap pasokan gandum dari perang dan menemukan pasar baru untuk gandumnya di Eropa, Afrika, dan Asia.

Sebanyak 90 juta ton gandum dikonsumsi di India tahun lalu dari total produksi 109 juta ton. India juga mengekspor 7 juta ton gandum tahun lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dear, Produsen... India Bakal Borong Batu Bara dalam 3 Tahun


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading