Internasional

Pembuat Sepatu di Bawah Rp 200 Ribu, Sukses Jadi Crazy Rich

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 May 2022 13:30
Hari Krishan Agarwal meluncurkan sepatu olahraga “Kampus” pada tahun 2005. (Tangkapan layar COURTESY OF CAMPUS ACTIVEWEAR)

Jakarta, CNBC Indonesia - India telah mencetak miliarder baru. Ialah Hari Krishan Agarwal (66) pendiri Campus Activewear yang berbasis di Delhi, menjadi miliarder baru setelah penawaran umum perdana (IPO) perusahaan sepatu olahraganya.

Saham Campus Activewear terdaftar dengan harga premium sebesar 23% dari harga IPO. Saham Agarwal sebesar 74% sekarang bernilai sekitar US$ 1 miliar atau setara Rp 14,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.655/US$).

Hubungan Agarwal dengan kewirausahaan dimulai pada tahun 1983 ketika ia mendirikan merek sepatu olahraga "Action". Pada 2005, ia meluncurkan sepatu olahraga "Campus" dengan harga di bawah US$ 10 (Rp 146.550).


Penetapan harga anggaran membantu Campus membuat langkah yang cukup besar untuk bersaing dengan merek global seperti Nike, Adidas dan Puma, yang menjual sepatu olahraga dengan harga lebih dari US$ 35 (Rp 512.925).

"Dia memanfaatkan kekosongan besar di pasar sepatu olahraga India, dalam kisaran harga US$ 10 hingga US$ 40," kata kepala keuangan Campus, Raman Chawla, dikutip dari Forbes.

Laporan April 2022 oleh perusahaan konsultan Gurgaon Technopak mencatat pada tahun fiskal 2021 bahwa Campus adalah pemain terbesar di India dalam segmen olahraga dan athleisure (peleburan kata "atletik" dan "rekreasi") bermerek, baik dalam nilai maupun jumlah sepatu. Ini memiliki pangsa pasar 17% berdasarkan nilai dan hampir 25% berdasarkan volume.

Campus menjual 13 juta pasang sepatu pada tahun 2021, menghasilkan pendapatan US$ 94 juta (Rp 1,3 triliun). Ini sedikit menurun dari pendapatan tahun sebelumnya sebesar US$ 95 juta karena pandemi, tetapi penjualan kembali meningkat: Campus mencatat pendapatan US$ 111 juta (Rp 1,6 triliun) untuk sembilan bulan yang berakhir pada Desember 2021.

Analis memperkirakan Campus lokal akan mendapat manfaat lebih lanjut karena sepatu olahraga adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat di sektor alas kaki. Mereka menganggap permintaan sepatu semacam itu siap untuk terus meningkat.

Sebagaimana diketahui, pengeluaran per kapita untuk produk olahraga dan olahraga di India hanya US$ 1,9 versus US$ 33,8 di China dan US$ 227,3 di Amerika Serikat (AS), menurut Technopak.

Tetapi, meskipun go public, Campus tetap menjadi urusan keluarga. Putra Agarwal, Nikhil Aggarwal (37), insinyur industri dari Universitas Purdue, mulai bekerja di Campus pada 2008 dan menjadi CEO sembilan tahun kemudian.

Istri Nikhil, Prerna, adalah kepala pemasaran. Istri pendiri, Vinod Agarwal, yang pernah memimpin inisiatif rantai pasokan dan jaringan fabrikator untuk sepatu olahraga Campus, berada di kursi dewan hingga September 2021 lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Usai Kena Tsunami Corona, Ekonomi Negara Ini Diramal Terbang


(tfa/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading