Sempat Heboh! Tarif KRL Dipastikan Belum Naik

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
12 May 2022 17:45
Penumpang berjalan menuju peron unuk menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (9/3/2022). Petugas KAI Commuter telah mencabut dan membersihkan marka jaga jarak yang sebelumnya ada dari tempat duduk di KRL. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wacana kenaikan tarif KRL kembali mencuat meski Kementerian Perhubungan hingga operator PT Kereta Commuter Indonesia menegaskan sampai saat ini belum ada kenaikan. Pasalnya usulan ini sudah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian pada Januari 2022 lalu.

Rencananya kenaikan tarif ini akan diberlakukan pada bulan April 2022 lalu. Namun sampai saat ini belum ada kenaikan tarif.

Bahkan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menegaskan bahwa tidak akan menerapkan kenaikan tarif dalam waktu dekat.


"Kami akan melakukan kajian ulang usai masa mudik, mengingat terjadi juga kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok yang mempengaruhi daya beli masyarakat," kata Aditya dalam pernyataannya kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/5/2022).

Namun dia tidak membantah rencana kenaikan tarif ini, meski belum bisa memastikan kapan kenaikan ini akan terjadi. Bahkan kajian tarif juga sudah dilakukan sebelumnya.

"Sebelumnya kami sudah membuat kajian tentang penyesuaian tarif, namun untuk penerapannya akan mempertimbangkan berbagai kondisi yang berkembang," kata Adita.

Sementara VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba juga menegaskan kalau sampai saat ini belum ada kenaikan harga tarif KRL dalam waktu dekat.

"Sampai saat ini tarif belum naik," kepada CNBC Indonesia.

Sebelumnya, wacana kenaikan tarif muncul dalam sebuah diskusi, Pelaksana Tugas Kepala Sub Direktorat Penataan dan Pengembangan Jaringan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Arif Anwar mengemukakan usulan kenaikan tarif KRL sebesar Rp 2000. Namun tarif KRL per 10 kilometer tetap diberlakukan sebesar Rp 1.000.

"Kita akan usulkan penyesuaian tarif kurang lebih Rp2.000 pada 25 km pertama. Jadi kalau yang semula sebesar Rp3.000 untuk 25 km, ini jadi Rp5.000," kata Arif dalam sebuah diskusi, Rabu (12/1/2022).

Mengutip dokumen yang dipaparkan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, rencana kenaikan tarif KRL akan diberlakukan pada 1 April 2022 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapan Tarif KRL Naik Jadi Rp5.000?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading