Internasional

Mengintip Gaji-Kekayaan Putin dan Zelensky, Jokowi Lewat?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
12 May 2022 09:30
In these frames from Feb. 24, 2022, videos, Russian President Vladimir Putin, left, speaks in Moscow and Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks in Kyiv. (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP) Foto: Kolase foto Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat ini tengah menjadi sorotan dunia. Pasalnya, kedua negara yang saat ini dipimpin kedua figur itu saat ini sedang dalam kondisi berperang.

Hal ini memicu rasa penasaran publik terkait profil kedua presiden ini. Salah satunya adalah profesi sebelum jadi orang nomor satu hingga gaji yang diperoleh Putin dan Zelensky sebagai kepala negara.

Mengutip majalah Fortune, Kremlin mengklaim bahwa Putin mendapatkan gaji tahunan sebesar US$ 140.000 atau setara Rp 2 miliar setahun.

Selain gaji menjadi presiden, Putin juga diketahui mendapatkan beberapa pendapatan lainnya seperti pensiunan militer, bunga tabungan, dan keuntungan investasi yang cukup besar. Di 2020, Putin menyebut angka total pendapatan dari sumber-sumber itu ditambah gaji presidennya mencapai 10 juta rubel atau setara hampir Rp 2,2 miliar.

Dari segi kepemilikan aset, Putin mempunyai aset berupa apartemen dengan luas 77 meter persegi dan 153,7 meter persegi.dan 3 mobil klasik. Dia juga mengeklaim memiliki 13,8 juta rubel tabungan yang tersebar di 13 rekening bank.

Meski begitu, banyak laporan yang menyebutkan bahwa aset dan kekayaan yang dimiliki jauh lebih besar dari jumlah itu. Fortune menyebut pria kelahiran St Petersburg itu memiliki kekayaan hingga US$ 200 miliar karena pengaruhnya di beberapa perusahaan besar Negeri Beruang Putih.

Sementara itu, Zelensky mendapatkan gaji sebesar 28 ribu hryvnia atau setara Rp 13,5 juta per bulan dari pendapatannya sebagai presiden.

Menurut Forbes, mantan selebritis dan pelawak itu diketahui saat ini memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 436 miliar. Kekayaan ini didapatkannya melalui kepemilikan saham sebesar 25% di Kvartal 95, grup perusahaan yang memproduksi acara komedi.

Namun, serupa dengan Putin, banyak yang berasumsi bahwa kekayaan Zelensky lebih besar dari angka itu. Akhir April lalu, Forbes juga menulis bahwa ada sebuah meme yang menyebut kekayaan presiden kelahiran Kryvyi Rih itu mencapai US$ 1,4 miliar. Namun hal ini belum dapat dibuktikan dengan pasti.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Peringati PD II, Presiden Ukraina Yakin Menang atas Rusia


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading