Wabah PMK Serang Sapi Lokal, Kementan Impor Vaksin

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
11 May 2022 16:11
Ilustrasi Peternak Sapi (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, telah menetapkan 6 wilayah sebagai daerah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Dan memberlakukan penguncian wilayah atau lockdown atas wilayah tersebut.

Yaitu, kabupaten Aceh Tamiang dan Aceh Timur di Aceh, lalu Gresik, Sidoarjo, Lamongan, dan Mojokerto di Jawa Timur. Pengendalian, termasuk lockdown, kata dia, dilakukan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

"Dari pertemuan dengan gubernur dan bupati di Jawa Timur dan Aceh, sudah kita lakukan beberapa langkah. Mulai dari langkah darurat atau SOS, langkah temporary untuk mencegah penyebaran, dan langkah recovery. Sambil kita menentukan serotipe strain virus yang ada. Saat ini sudah ditemukan di Surabaya serotipe," kata Syahrul dalam keterangan pers, Rabu (11/5/2022).


Penentuan tipe strain, lanjut dia, dilakukan untuk menentukan vaksin yang akan digunakan. Dimana, imbuh dia, ada sekitar 14 stereotype strain virus PMK di dunia.

"Kita dengan segara kekuatan yang ada kita akan hadirkan vaksin dalam waktu yang sangat singkat. Kita sepakat dengan para gubernur dan bupati akan gunakan vaksin nasional. Tapi, butuh waktu. Karena itu kita tugaskan pak Dirjen impor sambil menunggu vaksin tersedia, dalam 14 hari. Tidak banyak, hanya sampai vaksin ada," katanya.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Kementan Nasrullah menambahkan, serotipe strain virus PMK yang ditemukan saat ini adalah umum ditemukan di Asia Tenggara.

"Saat ini Komisi Ahli sedang melakukan pembahasan untuk pembuatan vaksin," kata Nasrullah.

Sambil menunggu vaksin impor dan buatan dalam negeri, lanjut Mentan, pihaknya terus melakukan pengobatan dengan obat penurun panas, antibiotik, dan vitamin.

"Ternyata hasilnya bisa lebih baik. Tadinya terpapar bisa berdiri lagi, tadinya melernya banyak bisa makan. Kita berharap virus ini tidak mematikan hewan kita. Intinya yang kena kita beri obat yang sesuai yang ada, yang tidak kena kita tingkatkan imunnya," kata Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi memastikan, hingga saat ini tidak ada pembatalan atau penundaan impor sapi bakalan maupun daging beku. Menyusul mewabahnya PMK di Jawa Timur dan kabupaten Aceh Tamiang, Aceh.

"Impor sapi dan kerbau dari negara asal tetap berjalan dengan pengawasan yang ketat. Halal, Health Certificate. Sementara kita dukung Kementan dan Pemda di beberapa daerah suspek PMK untuk melokalisir dam melakukan beberapa kegiatan menghentikan penularannya," kata Arief kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/5/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan Menteri Pertanian segera melakukan penguncian wilayah atau lockdown zonasi. Untuk menutup pergerakan ternak dari daerah terjangkit wabah PMK. Jokowi juga memerintahkan pengawasan ketat bekerja sama dengan kepolisian.

Dimana sebelumnya, sudah dilakukan penguncian di 5 kabupaten.

Kelima kabupaten itu adalah Aceh Tamiang di Aceh, berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No 404/KPTS/PK.300/M/O5/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, tertanggal 9 Mei 2022.

Lalu, Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, dan Lamongan di Jawa Timur, berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No 403/KPTS/PK.300/M/O5/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, tertanggal 9 Mei 2022.

"Secara khusus 5 kabupaten yang telah diterapkan sebagai wilayah wabah kami lockdown. Artinya melarang pemasukan dan pengeluaran hewan rentan dari dan ke wilayah tersebut," Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementan Bambang kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/5/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wabah PMK Serang Ternak, Lalu Lintas Manusia Harus Diawasi


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading