7 Persiapan Wajib Hadapi Macet Arus Balik Mudik Lebaran

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
08 May 2022 12:50
Kemacetan mulai terjadi di KM 470 pada pukul sekira 9.53 WIB hingga pukul 12.02 WIB. Kemacetan diperkirakan mengular hingga Gerbang Tol atau GT Kalikangkung KM 414. (CNBC Indonesia/Cantika Adinda)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memproyeksi puncak arus balik mudik lebaran 2022 terjadi pada hari ini, Minggu (8/5/2021). Oleh sebab itu, sebagai pemudik yang baru saja meninggalkan kampung halaman perlu menyiapkan strategi agar tubuh tetap sehat dan prima saat menuju ke perantauan.

Melansir dari Detik.com, berikut tujuh hal penting yang wajib disiapkan sebelum perjalanan pulang ke rumah usai mudik Lebaran.


1. Pastikan Istirahat yang Cukup

Berkendara jarak jauh membutuhkan kondisi fisik yang prima. Usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum mengemudi mobil supaya tubuh tetap bugar. Pasalnya, kondisi badan tentu akan menurun, mengingat di masa liburan cukup menguras energi.

Selama berkendara, sebaiknya pengemudi beristirahat setiap 2 jam sekali dan upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di 2 jam kedua. Andai mengemudi melewati waktu 6 jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.

2. Manajemen Perjalanan

Pemerintah memiliki rencana untuk mengatur arus lalu lintas arus balik supaya tetap terkendali. Pantau terus informasinya melalui pemberitaan media atau melalui akun resmi institusi terkait.

Manfaatkan peta digital untuk mempelajari rute yang paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat, termasuk mempelajari jalur alternatif kalau rute utama mengalami kemacetan panjang.

3. Safety Driving

Ini merupakan cara mengemudikan mobil yang sesuai dengan standar keselamatan agar meminimalisir risiko kecelakaan. Mulai dari persiapan mobil, kebugaran tubuh, posisi berkendara yang pas, mengemudikan kendaraan dengan benar, dan mematuhi etika berkendara dan aturan lalu lintas.

Lihat halaman berikutnya >>>

Pengendalian Emosi Tak Kalah Penting
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading