Jokowi Imbau Pemudik Lebaran 2022 Balik Lebih Awal, Ada Apa?

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
03 May 2022 14:30
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Tangkapan Layar via Instagram @jokowi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perjalanan arus balik mudik Lebaran 2022 lebih awal untuk menghindari kemacetan.

"Saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal. Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni," kata dia melalui akun Instagram-nya, dikutip Selasa (3/5/2022).

Jokowi mengungkapkan, kondisi arus mudik terbilang lancar meski ada sedikit kendala di lapangan seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.


"Akan tetapi kita tahu penyebabnya yaitu volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Kapalnya sudah ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Saya kira dermaganya masih harus ditambah," lanjutnya.

Dia menyebut ada banyak pemudik pada momen Lebaran tahun ini. Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

"Jumlah yang betul-betul sangat banyak. Sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal," tegas Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cari Alternatif Deh, 23 Tol Ini Bakal Macet Parah Pas Mudik


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading