Wah! Jerman Undang Negara-Negara Ini ke KTT G7, Termasuk RI?

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
02 May 2022 19:20
KTT G7.

Jakarta, CNBC Indonesia - Senegal, Afrika Selatan, India, dan Indonesia akan diundang sebagai negara tamu untuk menghadiri KTT G7 yang diselenggarakan Jerman pada Juni mendatang.

Jerman, yang saat ini menjabat sebagai presiden G-7, akan menyambut para pemimpin dari negara-negara tersebut ke pertemuan di Pegunungan Alpen Bavaria 26 Juni hingga 28 Juni.

Dilansir dari indiatimes.com, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengungkapkan pertemuan puncak KTT G-7 sebagai bagian dari upaya untuk membentuk aliansi internasional yang lebih luas melawan Rusia.


Sebelumnya, Scholz ragu-ragu mengirimkan undangan ke PM Modi mengingat keengganan perdana menteri untuk mengutuk serangan Rusia ke Ukraina.

Namun Kanselir Jerman telah memutuskan G-7 harus menekan India, dengan populasi dan tradisi demokrasi yang panjang, sebagai mitra yang berpotensi dalam upaya mengisolasi Rusia.

Scholz menyebut setelah serangan Rusia ke Ukraina, pihaknya ingin memperkuat hubungan politik dan ekonomi Jerman dengan negara-negara yang diperintah secara demokratis di seluruh dunia.

Tujuh pemerintah telah mengoordinasikan upaya untuk melibatkan negara-negara utama, dan India berada di urutan teratas dalam daftar itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Olaf Scholz Jadi Kanselir Jerman, Gantikan Angela Merkel


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading