Erick Thohir: Damri Tolong Antisipasi ke Bus Listrik!

News - Ratu Rina, Bunga Cinka, CNBC Indonesia
27 April 2022 15:05
Bus DAMRI/Doc. BUMN.go.id Foto: Bus DAMRI (Doc. BUMN.go.id)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meminta kepada Perum Damri selaku pelayanan bus bandara milik negara itu untuk bersiap-siap menggunakan transportasi yang ramah lingkungan melalui energi terbarukan yakni kendaraan berbasis listrik.

Menteri Erick menyatakan, bahwa Damri menjadi bagian dari Kementerian BUMN yang di dorong untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

"Dan yang penting buat DAMRI, tolong mulai berantisipasi kepada bus listrik ke depannya. Karena dengan pergantian kepada bus listrik mengurangi tekanan dari pada kebutuhan BBM yang sekarang itu kita masih terus impor," terang Menteri Erick saat pelepasan Mudik Bersama BUMN 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (27/4/2022).


Seperti yang diketahui memang, Indonesia masih ketergantungan atas impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Mengacu catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), impor BBM RI bisa mencapai 500.000-an barel per hari (bph). Saat ini Indonesia sendiri hanya mampu memproduksi minyak sekitar 700.000-an barel per hari dengan tingkat konsumsi 1,4 jutaan bph.

Menteri Erick mengatakan, dengan meningkatkan penggunaan bus listrik, mobil listrik atau motor listrik ke depan, maka itu akan menjadi hal-hal yang positif.

"Apalagi mobil listrik, motor listrik itu tidak perlu isi bensin dan jaraknya jauh. Jadi juga bisa mengurangi bagaimana tempat-tempat yang menjadi simpul kemacetan," tandas Menteri Erick.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh Gusti! Ternyata Baru 1% Pegawai BUMN Melek Digital


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading