Kejar Target, Truk Penuhi Pelabuhan Merak Hingga Bakauheni

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 April 2022 14:00
H-5 Lebaran Pemudik di Penyeberangan Merak Padat

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas lalu lintas di jalan tol hingga penyeberangan mulai meningkat jelang periode mudik 2022. Terlihat pula begitu banyak truk yang lalu-lalang di banyak tol dari atau menuju Jakarta.

Hal ini disebabkan angkutan logistik harus memacu pengiriman barang sebelum berlakunya larangan melintas di ruas tol dan jalan nasional pada 28 April mendatang.

Dari data posko ASDP, jumlah truk yang menyeberang ke pulau Sumatera pada H-10 lebaran atau 23 April lalu sudah meningkat menjadi 3.300 truk per hari.


Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan menjelang periode Angkutan Lebaran, aktivitas logistik terus mengalami peningkatan dari wilayah Jawa dan Sumatera khususnya untuk pendistribusian bahan kebutuhan pokok.

"Pantauan kami, peningkatan signifikan jumlah truk logistik yang menyeberang pada pekan ini mengejar pembatasan waktu perjalanan angkutan barang yang akan dimulai pada 28 April mendatang," kata Shelvy, dikutip Rabu (27/4/2022).

Begitu juga di pelabuhan Ketapang - Gilimanuk tercatat truk logistik yang menyeberang dari H-10 - H-8 sebanyak 10.142 unit truk.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, menjelaskan untuk mengejar adanya waktu libur hingga larangan truk beroperasi, intensitas pengiriman barang mulai meningkat dari awal bulan puasa.

"Dari sebulan lalu ini sudah menggeliat, ini dalam rangka memenuhi suplai kebutuhan lebaran. jadi kegiatan kita sudah meninggi dari sebulan lalu. Selain itu kita juga gak bisa beroperasi penuh pada 7 hari sebelum lebaran," kata Gemilang kepada CNBC Indonesia, Rabu (27/8/2022).

Sehingga secara kuantitas setidaknya angkutan logistik pada bulan Ramadhan ini meningkat antara 15% - 20%. melihat adanya peningkatan pola konsumsi masyarakat baik produk pangan hingga sandang.

Surat Edaran Nomor 40 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Selama Angkutan Lebaran Tahun 2022, larangan berlaku selama arus mudik 28 April-1 Mei 2022 dan arus balik pada 7 Mei-9 Mei 2022.

pembatasan angkutan barang di 26 jalan non tol dan 15 jalan tol dimulai Kamis (28/4) pukul 00.00 WIB sampai Senin (9/4) pukul 12.00 WIB.

Kemudian, pembatasan untuk arus balik mulai berlaku pada Sabtu (7/4) pukul 00.00 WIB sampai dengan Senin (9/4) pukul 12.00 WIB.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

ASDP Cabut Aturan Antigen Bagi Penumpang Sudah 2 Dosis Vaksin


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading