Tahun Ini Ekspor Bauksit Mentah Dilarang! Next: Timah

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 April 2022 12:10
Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan I Tahun 2022 (Tangkapan layar Kementerian Investasi - BKPM)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bahlil Lahadia, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, mengungkapkan tahun ini pemerintah berencana mulai melarang ekspor bauksit mentah. Selain itu, 'keran' ekspor timah mentah juga akan ditutup.

"Saya mau sampaikan, bukan hanya nikel, tahun ini bauksit kita tutup supaya ciptakan nilai tambah," ungkap Bahlil dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/4/2022).


Berikutnya, demikian Bahlil, adalah timah yang akan menjadi target. Pemerintah nantinya tidak akan lagi mengizinkan ekspor timah mentah.

"Tahun ini atau tahun depan, timah kita larang. Indonesia adalah eksportir terbesar di dunia untuk timah. Kita ingin mewujudkan hilirisasi, jangan jual tanah air terus," tegasnya.

Menurut Bahlil, rencana tersebut sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam beberapa kesempatan, Kepala Negara memang ingin membangun industri pengolahan agar Indonesia tidak lagi tergantung pada ekspor bahan mentah.

"Kenapa kita larang tambang untuk ekspor? Sudah saatnya negara ini berbenah. Presiden memerintahkan kami dan disampaikan visi besar transformasi ekonomi yang mengarah ke nilai tambah untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan negara," terang Bahlil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekspor Timah Wajib Ikuti RKAB, Apakah Sering Bocor?


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading