Internasional

Putin Usir 40 Diplomat Jerman, Rusia Balas Dendam!

News - sef, CNBC Indonesia
26 April 2022 12:35
Russian President Vladimir Putin walks after delivering a speech during a gala show, marking the Defender of the Fatherland Day, at the Kremlin in Moscow, Russia February 22, 2018. REUTERS/Yuri Kadobnov/Pool

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin mengusir 40 diplomat Jerman. Ini merupakan tindakan balas dendam terbaru ke Negeri Panser.

Jerman, menurut Rusia, telah membuat keputusan tidak bersahabat. Ini terkait pengusiran 40 diplomat Kremlin karena keputusan Putin menyerang Ukraina.


Dimuat Al-Jazeera, Kementerian Luar negeri Rusia mengatakan mereka telah memanggil duta besar Jerman di Moskow dan menyerahkan kepadanya sebuah catatan, Senin (25/4/2022). Isinya persona non grata ke 40 karyawan lembaga diplomatik Jerman di Rusia.

"Protes keras dilakukan kepada kepala misi diplomatik Jerman di Moskow sehubungan dengan keputusan pemerintah Jerman yang secara terbuka tidak bersahabat untuk mengusir diplomat Rusia," tegas kementerian itu, dikutip Selasa.

Sebanyak lebih dari 100 orang Jerman kemungkinan akan terpengaruh keputusan itu. Bukan cuma diplomat, keluarganya pun harus meninggalkan Rusia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah sudah diprediksi tetapi sama sekali tidak dibenarkan. Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menyebut pembenaran Putin untuk perang di Ukraina sebagai tanda sinismenya yang "kejam".

Hubungan Jerman dan Rusia telah kini berada di titik terendah, di tingkat yang tidak terlihat sejak Perang Dingin. Padahal sebelumnya, keduanya mesra sebagai pembeli dan penjual gas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia Disanksi, Jerman Ikut Was-Was


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading