Ada Request DPR Soal Pembangunan IKN Nih, Pak Jokowi..

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 April 2022 10:55
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Senin, 14 Maret 2022, sekitar pukul 09.37 WITA. Saat tiba, Presiden dan Ibu Iriana disambut dengan prosesi adat tepung tawar dari Sultan Kutai Kartanegara. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - DPR menyoroti rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Anggota Komisi V DPR RI Irwan mengatakan diperlukan perencanaan skema pembangunan komprehensif dan terintegrasi dengan memperhatikan pembangunan daerah sekitar sebagai penyangga IKN serta pembangunan wilayah terdekat dalam hal ini kawasan timur Indonesia.

Irwan menegaskan Komisi V DPR RI tetap memberikan berbagai pandangan kritis yang wajib menjadi perhatian serius pemerintah pusat dalam pembangunan IKN Nusantara yakni terutama

Hal itu disampaikan Irwan saat memimpin kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI ke Titik Nol IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Pekan lalu.

"Terdapat tiga tujuan utama IKN yakni simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. Pembangunan IKN menjadi upaya mengubah paradigma pembangunan menjadi Indonesia-sentris."

"Maka, kegiatan perencanaan dan pembangunan IKN tentu menjadi tugas bersama dalam rangka mendorong percepatan pemerataan dan meningkatkan perekonomian kawasan timur Indonesia," jelas Irwan.

Komisi V DPR RI meminta Pemerintah Pusat meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur pendukung konektivitas.

Terutama, tandas Irwan, seperti jalan dan jembatan serta dukungan ketersediaan sarana dan prasarana dasar seperti instalasi pengolahan air bersih, sanitasi, dan perumahan di wilayah terdekat dalam hal ini kawasan timur Indonesia. Tak hanya itu, diperlukan dukungan secara maksimal terhadap upaya pemanfaatan teknologi yang optimal dalam mendukung IKN Nusantara menjadi smart forest city yang ramah lingkungan.

"Terlebih, pembangunan IKN Nusantara sekaligus juga dimaksudkan sebagai role model kota di Asia. Maka, Komisi V DPR RI menekankan kepada Pemerintah Pusat terutama dalam hal pentingnya peningkatan koordinasi dan sinergisitas lintas sektoral dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Termasuk, koordinasi terhadap dampak sosial kemasyarakatan dan lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara," paparnya.

Turut hadir Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, Anggota Komisi V DPR RI Irmadi Lubis, Sri Rahayu, Sadarestuwati, Sarce Bandaso Tandiasik, Ilham Pangestu, Cen Sui Lan, Bambang Hermanto, Tubagus Haerul Jaman, Hamka B. Kady, Sudewo, Sumail Abdullah, Eddy Santana Putra, Iis Rosyita Dewi, Novita Wijayanti, Syarif Abdullah Alkadrie, Tamanuri, Sri Wahyuni, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, Lasmi Indaryani, Jhony Allen Marbun, Hamid Noor Yasin, dan Muhammad Aras. Hadir mendampingi yaitu Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, jajaran Kementerian PUPR dan Kemenhub serta Pemprov Kalimantan Timur dan Plt Bupati Penajam Paser Utara beserta jajaran Forkopimda.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PR Besar DPR Tahun Depan, Tuntaskan 40 Undang-Undang Baru!


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading