Internasional

WHO Sangat Merekomendasikan Pil Ini untuk Obat Covid, Apa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
22 April 2022 12:00
Paxlovid, a Pfizer's coronavirus disease (COVID-19) pill, is seen manufactured in Freiburg, Germany, in this undated handout photo obtained by Reuters on November 16, 2021. (Pfizer/Handout via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sangat merekomendasikan pil antivirus Covid-19 Pfizer, Paxlovid. Ini untuk pasien dengan gejala Covid-19 ringan tapi berisiko tinggi dirawat di rumah sakit.

"Kombinasi nirmatrelvir dan ritonavir dari raksasa farmasi Amerika Serikat (AS) Pfizer adalah pilihan unggul pengobatan untuk orang-orang yang tidak divaksinasi, lanjut usia, atau dengan gangguan kekebalan dengan Covid-19," kata para ahli WHO, dikutip dari Channel News Asia (CNA), mengutip kantor berita.

Hal ini terungkap dalam jurnal medis British Medical Journal (BMJ). Bahkan Paxlovid, lebih disarankan dari remdesivir dan pil molnupiravir Merck dan antibodi monoklonal.


"Perawatan oral Pfizer mencegah rawat inap lebih dari alternatif yang tersedia, memiliki lebih sedikit kekhawatiran sehubungan dengan bahaya daripada molnupiravir, dan lebih mudah diberikan daripada remdesivir dan antibodi intravena", tambah ahli.

Rekomendasi ini didasarkan pada temuan dari dua percobaan dengan melibatkan hampir 13.00 pasien. Di mana hasilnya menunjukkan bahwa Paxlovid mengurangi risiko masuk rumah sakit hingga 85%.

Paxlovid bisa diberikan kepada orang berusia di atas 18 tahun Namun tidak pada wanita hamil dan menyusui.

Obat hanya bisa diberikan saat penyakitnya masih stadium awal. Pasien harus mulai meminum pil Paxlovid dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala.

"WHO meminta Pfizer untuk membuat harga dan penawarannya lebih transparan untuk Paxlovid," tulis laporan WHO itu lagi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Baik! Obat Covid Bisa Diminum Warga Bumi, Corona End?


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading