Lewat Tol Ini Mudik Jakarta-Bandung Cuma Sejam, Ada Tapinya..

News - redaksi, CNBC Indonesia
21 April 2022 07:55
Yuk Intip Pembangunan Tol Japek, Uda Sampe Mana Ya?

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbagai alternatif jalur lintasan sangat dibutuhkan saat musim mudik libur Lebaran nanti. Pasalnya, pemerintah memprediksi setidaknya 80 juta lebih orang Indonesia melakukan mudik Lebaran. Dimana, 47% diantaranya diperkirakan menggunakan angkutan darat.

Salah satu jalur alternatif yang bisa dipertimbangkan saat mudik nanti adalah tol Japek II Selatan.

Pemerintah menyerahkan sebagian jalur tol ini ke dalam rencana antisipasi musim mudik libur Lebaran 2022. Sebagian jalur akan dioperasikan jika terjadi kepadatan musim mudik Jakarta-Bandung, terutama memudahkan arus balik mudik.


Waktu tempuh Jakarta-Bandung diprediksi hanya sekitar 1 jam, sehingga akan memudahkan pemudik.

Dengan asumsi bila seluruh ruas tol ini sudah terhubung penuh dari Jatiasih Bekasi ke Sadang Purwakarta sepanjang 62 km. Terutama bagi kendaraan yang dari sekitar kawasan BSD sampai Pondok Indah, tak perlu memutar ke simpang Cikunir. Namun, sebelum Cikunir, bisa langsung memutar ke kanan ke arah Jatiasih Bekasi, hingga tembus kawasan Sadang Purwakarta.

"Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat," ujar Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo, akhir Maret 2022 lalu kepada CNBC Indonesia.

Hanya saja, pemanfaatan jalur ini nanti sifatnya masih fungsional. Khususnya seksi 3 untuk mengakomodir arus balik lebaran 2022 jika terjadi kepadatan kendaraan di jalan Tol Purbaleunyi. Seksi 3 dari Taman Mekar Sari (Karawang) menuju Sadang (Purwakarta) (Sta 34+150-Sta 64+000) sepanjang 27,85 km, masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Rencananya seksi 3 baru tuntas konstruksi akhir 2022, dan ditargetkan operasional pada awal 2023. Selain itu seksi lainnya terus dikerjakan secara konstruksi maupun pembebasan lahan, sehingga bisa rampung dari Sadang-Jatiasih sepanjang 62 km, yang nantinyabisa memangkas jarak maupun waktu.

Karena itu, pembangunannya tengah dikebut.

Tarif Gratis

Bambang mengatakan, pengoperasian Japek II Selatan saat libur Lebaran nanti sifatnya adalah sebagai jalur alternatif. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol. Dan, karena masih fungsional masih bebas biaya alias gratis.

"Bebas biaya (saat fungsional musim mudik 2022). Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar," kata Bambang kepada CNBC Indonesia, Kamis (31/3/2022)

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, antara SS Sadang Km 62 - SS Kutanegara km 53 sepanjang 8,6 km nantinya sebagai antisipasi ruas balik yang disambungkan jalan industri yang disambungkan lagi kepada jalan tol Jakarta-Cikampek Karawang Timur," kata Basuki Dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/4/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jadwal Ganjil Genap & One Way Jalan Tol Selama Mudik Lebaran


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading