Mudik ke Jogja & Pacitan Boleh Coba Jalur Alternatif Ini, Cek

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
20 April 2022 12:40
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono promosikan Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa bisa menjadi alternatif para pemudik tahun 2018. Jalan Pansela Jawa memiliki panjang 1.405 km yang membentang menyusuri garis tepi Pantai Selatan dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta hingga Jawa Timur. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan pemudik diprediksi akan memicu kemacetan saat musim Angkutan Lebaran 2022 nanti. Karena itu, pemerintah mengeluarkan berbagai skenario, mulai dari imbauan tidak mudik di tanggal favorit, mempercepat perbaikan dan pelebaran tol, hingga mempromosikan jalur-jalur alternatif.

Seperti dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang mempromosikan rute Pantai Selatan sebagai jalur alternatif.pemudik, selain Pantai Utara, dan Lintas Tengah Pulau Jawa. Jalur ini pun biasa digunakan untuk menuju Yogyakarta dan Pacitan selain melewati jalur tol trans Jawa atau Pantai Utara (Pantura)

Apalagi, jalur Pantai Selatan diklaim sebagai rute yang menyuguhkan pemandangan indah, lanskap bukit-bukit serta pantai di beberapa titik.


"Supaya beban lalu lintas terbagi dan tidak menumpuk di Pantura dan lintas tengah," kata Basuki dalam keterangan dikutip, Rabu (20/4/2022).

Ruas Pantai Selatan sendiri melewati lima provinsi yang ada di pulau Jawa. Mulai dari Banten sepanjang 169,5 km dari Simpang Labuhan, Banten - Sindang Barang hingga perbatasan Jawa Tengah sepanjang 417 km.Menurut Basuki, jalur Pantai Selatan ini pemandangannya sangat indah dan 'instagramable', juga banyak melewati banyak tempat wisata pantai. Selain itu banyak juga lokasi kuliner yang wajib dicoba.

Berlanjut batas provinsi Jawa Barat - Congot - Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. Hingga Yogyakarta dengan rusa Karang Nongko - Legundi jingga Duwet sepanjang 120,8 km. Lalu ruas akhir Panggul - Sendangbiru - Jarit - Puger hingga Glenmore sepanjang 627 km.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono, mengatakan infrastruktur jalur Pansela ini terpantau baik. Hanya ada beberapa titik pasar tumpah yang harus diwaspadai. Mulai dari pasar Limbangan dan Pasar Malangbong di Garut.

Dia juga berharap 20 beban di jalur tengah dan pantura berpindah ke pansela, supaya bisa memecah kemacetan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

13 Juta Warga Jabodetabek Bakal Pulang Kampung


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading