Subsidi BBM & LPG Bengkak 2 Kali Lipat, Tembus Rp24,8 T

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
20 April 2022 09:37
Menteri Keuangan Sri Mulyani, APBN KITA Edisi April 2022 (Tangkapan Layar Youtube Menteri Keuangan) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani, APBN KITA Edisi April 2022 (Tangkapan Layar Youtube Menteri Keuangan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Realisasi subsidi melonjak drastis dalam tiga bulan pertama tahun ini seiring kenaikan harga minyak dunia. Khususnya untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan LPG .

"Realisasi subsidi BBM capai Rp 3,2 triliun, tahun lalu hanya Rp 1,3 triliun," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita, Rabu (20/4/2022)


Sementara itu LPG juga alami kenaikan dua kali lipat. Di mana tahun lalu hanya sebesar Rp 10,2 triliun, akan tetapi sekarang sudah mencapai Rp 21,6 triliun.

"Jadi kita lihat bantalan sosial yang lindungi tekanan karena lonjakan harga energi dunia adalah belanja untuk subsidi naik 2 lipat Maret, LPG juga naik lebih dari 2 kali lipat Rp 21,6 triliun," terangnya.

Tidak hanya secara nominal, volume barang yang disubsidi juga alami kenaikan. Selain komponen energi, juga ada kenaikan untuk pupuk.

APBN KitaFoto: APBN Kita
APBN Kita

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rapat BBM di Kantor Menko Airlangga Selesai, Ini Hasilnya!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading