Anak Buah Jokowi Imbau Mudik Lebih Awal dari Cuti Bersama

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
18 April 2022 11:00
Kemenhub Sarankan Masyarakat Mudik Lebih Awal

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik sedini mungkin, supaya tidak terjadi penumpukan di jalan. Sementara itu, pemerintah memutuskan jadwal cuti bersama libur Lebaran 2022 mulai 29 April hingga 8 Mei 2022. 

Pasalnya, berdasarkan hasil survey Balitbanghub sektor darat menjadi yang paling krusial untuk ditangani. Dari total prediksi ada 85,5 juta orang yang akan melakukan mudik, dimana 47% diantaranya menggunakan jalur darat baik kendaraan pribadi maupun umum.

Sedangkan pemudik yang berangkat dari wilayah Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang. Jumlah itu meningkat sekitar 45% dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi.


Budi Karya menjelaskan dengan tingginya animo masyarakat yang mau melakukan mudik, dia mengimbau masyarakat untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik dengan berangkat sedini mungkin.

"Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar 25 - 27 April 2022 dan menghindari berangkat di tanggal 28 - 29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu," kata Budi dalam keterangan, dikutip Senin (18/4/2022).

Mantan Dirut AP II ini juga mengimbau masyarakat supaya tidak melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Alih-alih meminta masyarakat lebih memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah BUMN maupun swasta.

Pada tahun ini Kemenhub juga telah menyiapkan 700 bus yang akan mengangkut pemudik sekitar 21.000 penumpang dari Jakarta ke 24 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, Kemenhub telah menyiapkan 70 truk yang akan mengangkut sebanyak 2200 sepeda motor pemudik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cuti Bersama & Libur Lebaran 2022, 85 Juta Orang Siap Mudik!


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading