Hore! Kuota Mudik Gratis Kemenhub Ditambah, Sudah Daftar?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
13 April 2022 16:20
uruan Daftar! Mudik Gratis Dibuka Pekan Depan (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan bakal menambah jumlah kuota mudik gratis pada libur Lebaran tahun ini. Menyusul animo mudik yang tinggi tahun ini setelah dilarang selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menjelaskan dalam kesiapan angkutan Lebaran dalam potensi pergerakan mudik yang tinggi, Menteri Perhubungan memerintahkan agar meningkatkan kapasitas dan fasilitas masyarakat untuk mudik gratis. Sehingga anggaran pun ditambah.

"Awalnya menyiapkan anggaran Rp10 miliar lalu ditambah menjadi Rp20 miliar, artinya 31 ribu masyarakat kita bisa gunakan program mudik gratis, dan untuk angkutan motor mencapai 2.100 unit," kata Budi ditemui dalam Kompleks Parlemen, Rabu (13/4/2022).


Budi menjelaskan awalnya program mudik gratis memang belum menjadi prioritas dari Kementerian dan pihak swasta karena adanya pandemi Covid - 19. Namun setelah presiden memberikan sinyal mudik diperbolehkan program ini baru dikoordinasikan bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, hingga Kementerian BUMN.

Untuk diketahui awalnya program mudik gratis hanya disiapkan kuota sebanyak 10.500 penumpang dengan anggaran Rp10 miliar menggunakan 350 bus. Adapun pendaftaran mudik gratis ini bisa dilakukan melalui www.mudikhubdat2022.com.

Sementara untuk tujuan mudik antara lain Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Mudik Gratis Mulai Minggu Depan, Jangan Kehabisan!


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading