Asyik! Pemudik Kereta Bisa Bawa Motor, Gratis!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 April 2022 09:40
Kemacetan di pos penyekatan, Jalur Pantura Kedung Waringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang, Senin (10/5/2021).  Dari data yang didpat dari jam 8.00 wib hingga 15.00 wib sebayak 512 kendaraan yang telah diputar balik.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengusulkan pada tahun ini diselenggarakan program mudik gratis menggunakan kereta api, supaya mengurangi kepadatan di jalan raya.

Usulan ini juga sudah disampaikan langsung kepada Menteri Perhubungan, usai rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022, Kamis (7/4/2022).

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan, supaya mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api," kata Effendy, dalam keterangan, dikutip Jumat (8/4/2022).


"Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor," tambahnya.

Terkait dengan usulan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik usulan ini.Dia mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya di moda kereta api, tapi juga bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).

"Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpangnya gratis dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," kata Budi Karya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuota Mudik Gratis Cuma 10.500 Penumpang, Ini Cara Daftarnya!


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading