Mau Dapat BLT Rp 300 Ribu Jokowi, Cek Dulu Nama Kamu di Sini!

News - Redaksi, CNBC Indonesia
06 April 2022 04:40
Infografis: Ini Syarat Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Dari Jokowi Foto: Infografis/Ini Syarat Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Dari Jokowi/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng yang akan disalurkan kepada 20,5 juta keluarga dan 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun Youtube Sekretariat Presiden mengumumkan, BLT migor diberikan sebesar Rp100.000 per bulan.

"Bantuan akan diberikan bagi20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) serta 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan," kata Jokowi, Jumat (1/4/2022).

BLT minyak goreng, lanjutnya, diberikan untuk meringankan beban masyarakat akibat kenaikan harga minyak goreng yang cukup tinggi. Menyusul lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional.

"Bantuan diberikan Rp 100 ribu setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan bantuan itu 3 bulan sekaligus yaitu April, Mei, dan Juni," lanjut Jokowi.

Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu, penyaluran kepada 20,5 juta masyarakat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) lewat PT Pos dan penyaluran ke PKL makanan, PKL, dan warung-warung akan disalurkan oleh TNI, Polri,.

Dengan kebutuhan anggaran Rp 6,15 triliun dan untuk PKL dan warung makanan Rp 0,75 triliun, sehingga total Rp 6,9 triliun. Yang akan masuk ke dalam fleksibilitas APBN.

Cara Dapatkan BLT Minyak Goreng

Syarat untuk mendapatkan BLT minyak goreng adalah:

- Terdaftar sebagai keluarga Penerima Bantuan Non Tunai (BPNT)

- Terdaftar sebagai Program Keluarga Harapan (PKH)

- Terdaftar sebagai pedagang kaki lima (PKL)

Lalu, cara untuk mendapatkannya adalah:

- Jika memenuhi syarat yang ditetapkan, maka tahap pertama mendaftar di aplikasi Cek bansos yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial

- Registrasi dengan mengisi nomor kartu keluarga, NIK

- Menunggu verifikasi dari admin Kementerian Sosial. Jika sudah terverifikasi maka dapat langsung mengakses menu-menu yang ada di aplikasi Cek Bansos

- Setelah bisa mengakses maka masyarakat yang memenuhi syarat bisa mengklik menu daftar usulan. Lalu menunggu verifikasi kembali status apakah anda dapat atau tidak BLT tersebut.

Sebagai informasi, dalam satu aplikasi Cek Bansos, anda bisa melakukan pendaftaran untuk diri sendiri, keluarga maupun tetangga yang tidak mampu di sekitar anda. Caranya pilih menu daftar usulan dan pilih menambah usulan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Sebar BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu, Untuk Siapa?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading