Covid Terkendali, RI Relaksasi Penerbangan Internasional-Visa

News - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 April 2022 15:13
Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Kantor Presiden, Senin (4/4/2022. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kini telah membuka jalur penerbangan internasional sejumlah bandara di Tanah Air, antara lain Bandara Internasional Yogyakarta, Medan, Makassar, dan Pekanbaru.

Hal ini sejalan dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada saat konferensi pers 'Evaluasi PPKM', Senin (04/04/2022).


Luhut juga mengatakan, pemerintah juga akan melonggarkan kebijakan visa, mendekati kondisi sebelum pandemi Covid-19.

"Pemerintah melakukan membuka bandara internasional Yogya, Medan, Makassar, Pekanbaru, dan selain itu kebijakan visa relaksasi mendekati sebelum pandemi," tuturnya.

Luhut mengatakan, terkait Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), pemerintah juga akan merelaksasi penerbangan dari luar negeri, sehingga bisa jumlah yang masuk ke Tanah Air akan kembali meningkat, namun tidak menumpuk di bandara.

"Terkait PPLN, kami akan relaksasi penerbangan yang masuk bisa meningkat tanpa menumpuk di bandara," ujarnya.

Untuk ketentuan detailnya, menurutnya akan diatur dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 (SE Satgas).

"Detail akan diatur di SE Satgas yang akan dikeluarkan," ujarnya.

Luhut menyebut, kini mobilitas masyarakat naik signifikan, mencapai tingkat tertinggi sejak pandemi Covid-19 terjadi pada Maret 2020 di Indonesia.

"Mobilitas masyarakat juga naik signifikan, mencapai tingkat tertinggi dari pandemi, kondisi Indonesia sangat baik, nyaman untuk beraktivitas," ucapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut: PLTU Batu Bara Pensiun Dini Butuh Bantuan Negara Asing


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading