Teknologi Sunway Medical Jadi Rujukan Buat Turis Medis

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
04 April 2022 12:44
Sunway Medical is honored by the visit of YB Dato’ Sri Mustapa Mohamed (in the middle), Minister in the Prime Minister’s Department (Economy) at the MH Expo 2022 in Jakarta. (Dok: SunMed)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mulai 1 April 2022, Malaysia kembali membuka kunjungan warga negara asing. Selain berdampak pada wisata yang meningkat, pembukaan ini juga dinilai membuat masyarakat Indonesia kembali percaya diri sekaligus meningkatkan minat mengakses layanan kesehatan di Malaysia. 

Salah satu rumah sakit swasta di Malaysia yang dapat jadi pilihan berobat adalah Sunway Medical Centre (SunMed). Rumah sakit tersier dan kuarter ini terletak di Sunway City, kota Selangor.

Assistant Director International Business Development Sunway Healthcare, Faith Tang mengatakan, meski di tengah situasi pandemi, Malaysia tetap menjadi negara pilihan para wisatawan medis dari Indonesia. Hal ini, menurutnya, karena keberhasilan dalam memberikan kualitas berkelas dunia, mudah diakses, harga yang lebih terjangkau dibandingkan Singapura, serta perawatan secara menyeluruh yang prima dan lancar. Serta, lanjutnya, perawatan secara menyeluruh yang prima dan lancar, yang dilakukan oleh para spesialis dan didukung oleh peralatan medis yang canggih. 


"Sunway Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Malaysia yang meraih Sertifikasi Kesesuaian COVID-19 GHA untuk para turis medis (GHA's COVID-19 Certification of Conformance for Medical Travelers)," ujar Tang dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (4/4/2022).

Selain telah mendapat sertifikasi COVID-19 GHA untuk para turis medis, lanjutnya, SunMed juga terkenal dalam berbagai perawatan medis. Seperti kanker, hematologi, terapi radionuklida bertarget, operasi berbantuan robotic, transplantasi tulang sumsum, kidney transplant, paediatric cardiac surgery, ortopedi, gastroenterologi, neurologi dan bedah saraf, jantung dan pembuluh darah, khusus pada wanita dan anak-anak.

Tidak ketinggalan, Direktur Pelaksana Sunway Healthcare Group, Dato' Lau Beng Long bilang, semua jenis perawatan tersebut menjadi komitmen pihaknya untuk memberikan perawatan terbaik di kelasnya yang didukung oleh spesialis yang terlatih secara internasional dan teknologi terbaru.

"Kami tidak hanya membangun rumah sakit yang baik untuk kebutuhan hari ini, namun kami juga meletakkan fondasi rumah sakit yang hebat untuk generasi yang akan datang," tuturnya. 

Didirikan pada November 1999, Sunway Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Asia Tenggara yang menerima akreditasi dari Australian Council on Healthcare Standards (ACHS). SunMed menyediakan rangkaian lengkap solusi medis dan bedah dengan 29 pusat keunggulan, 616 tempat tidur, lebih dari 250 spesialis, 60 spesialisasi medis.

Berkat dedikasi SunMed, rumah sakit ini tercatat meraih beberapa pencapaian dalam bentuk penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Stand-Out Jury Award for Best Hospital of the Year in Asia-Pacific 2021 dan Medical Tourism Hospital of the Year di Asia-Pasifik pada APAC Healthcare & Medical Tourism Awards di 3 tahun berturut-turut, yakni 2018, 2019 dan 2020.

Sunway Medical One-stop regional tertiary hospital with quaternary services in Malaysia. (Dok: SunMed)Foto: Sunway Medical One-stop regional tertiary hospital with quaternary services in Malaysia. (Dok: SunMed)
Sunway Medical One-stop regional tertiary hospital with quaternary services in Malaysia. (Dok: SunMed)

"Saya telah melihat bagaimana rumah sakit berubah menjadi rumah sakit pemenang penghargaan internasional untuk selalu mengadopsi teknologi baru sambil memberikan perawatan yang dipersonalisasi dan perawatan yang disesuaikan untuk pasien," imbuh Sunway Medical Centre Jakarta PIC Representative Office, Nugraha Bio.Sebelum itu, SunMed juga telah dinobatkan sebagai Rumah Sakit Internasional Tahun Ini oleh IMTJ berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017. Yang terbaru, SunMed dianugerahkan penghargaan oleh Frost & Sullivan 2021 Malaysia Smart Hospital Company of the Year Award, karena telah menjadi pelopor dalam adopsi teknologi baru.

Untuk lebih memenuhi tuntutan pendidikan kedokteran, pelatihan dan penelitian, SunMed juga telah berafiliasi dengan University of Cambridge, Royal Papworth Hospital, Harvard Medical School dan Jeffrey Cheah School of Medicine & Health Sciences, Monash University Malaysia. Tidak ketinggalan juga Royal College of Physicians (UK). 

SunMed juga memiliki Pusat Pasien Internasional (IPC) satu atap khusus yang menangani kebutuhan pasien internasional dengan membuktikan bantuan mulai dari penunjukan pasien, perkiraan biaya, juru bahasa dan pengaturan akomodasi hingga logistic transportasi dan lain-lain. Untuk kenyamanan pasien internasional mereka di Indonesia, SunMed memiliki Kantor Perwakilan yang berlokasi di kota-kota besar di Indonesia; Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, Padang, Pekan Baru, Makassar dan Semarang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Program JKN-KIS Jamin Biaya Berobat Peserta


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading