Aplikasi Buat Mudik yang Bisa Estimasi Tarif Tol, Cek di Sini

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 April 2022 14:10
Selatan Jawa Mulai 'Dibelah' , Ini Proyek Tol Selatan jawa yang akan di kerjakan

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memberikan lampu hijau untuk melakukan pulang kampung atau mudik pada lebaran tahun 2022 ini. Meski dengan beberapa syarat perjalanan.

Sehingga saat ini kini pemudik harus mempersiapkan rute mudik yang tepat juga memantau kondisi lalu lintas secara langsung saat perayaan mudik. Dari banyak aplikasi pemudik juga bisa merencanakan jalur mana yang akan diambil berikut dengan kalkulasi perhitungan biaya tol yang harus dibayarkan. Apalagi beberapa ruas tol baru dan fungsional makin menambah infrastruktur mudik tahun ini.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan pemudik untuk memantau lalu lintas kendaraan di perjalanan :


Google Maps

Fitur informasi layanan perjalanan dari google ini bisa menjadi penolong anda ketika melakukan mudik. Selain sebagai penunjuk jalan, Google Maps juga memberikan informasi secara real time kondisi lalu lintas yang terjadi.

Jika jalan yang akan dilalui berwarna hijau maka dikategorikan sebagai lancar, jika berwarna kuning tersendat dan merah berarti macet. Bahkan informasi apa yang menjadi penyebab kemacetan dan berapa lama estimasi waktu tertunda karena kemacetan juga tersedia.

Selain itu fitur google maps juga memberikan informasi mengenai rute tercepat, letak tempat peristirahatan jika pemudik ingin rehat dari kemacetan, tempat makan, dan tempat beribadah.

Waze

Sama seperti Google Maps, aplikasi layanan buatan perusahaan asal Israel ini juga memberikan banyak informasi layan perjalanan. Seperti rute tercepat, informasi real time lalu lintas jalan, hingga tempat - tempat penunjang perjalanan.

Jadi jika menggunakan aplikasi ini tidak perlu khawatir akan tersesar pasti selalu ada rute jalan yang akan direkomendasikan. Selain itu juga memberi tahu letak pom bensin terdekat, hingga tempat peristirahatan.

NTMC TV Polri

Kepolisian RI juga mengeluarkan aplikasi untuk pemantauan lalu lintas yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Aplikasi ini terhubung dengan sistem informasi NTMC dengan 425 CCTV Polda di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi. Hingga CCTV yang ada di banyak jalan tol di Indonesia.

Dari aplikasi pengguna bisa melihat kondisi lalu lintas secara real melalui pantauan CCTV. Selain itu ada berita dan informasi ter-update seputar lalu lintas yang terbaru.

Travoy 3.0

Pada tahun lalu, Jasa Marga juga sudah meluncurkan aplikasi pintar untuk pengguna jalan tol, yakni Travoy (Travel With Comfort and Joy) 3.0. Aplikasi ini juga dapat melakukan pemantauan langsung kondisi jalan tol milik Jasa Marga, yang tentunya sangat berguna saat mudik nanti.

Selain itu aplikasi ini juga dapat melakukan kalkulasi tarif tol yang perlu dibayarkan oleh pengguna jalan tol, supaya dapat mengantisipasi jumlah saldo yang harus diisi dalam uang elektronik.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki informasi mengenai berita-berita lalu lintas terbaru, pemberitahuan informasi lokasi rest area terdekat, pom bensin, kuliner setempat, call center, travel post atau informasi kejadian yang di posting oleh pengguna lain. Jika terjadi kendala di jalan, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai derek online dari Jasa Marga.

LewatMana

Aplikasi LewatMana juga merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk memantau arus jalur mudik. Informasi yang diberikan juga cukup lengkap mulai dari info kemacetan hingga informasi kecelakaan lalu lintas.

Tidak hanya itu aplikasi ini juga terhubung dengan berbagai CCTV yang tersebar di berbagai kota, sehingga bisa memantau langsung kondisi lalu lintas yang terjadi.

BPJT Info Tol

Seperti aplikasi lainnya, BPJT Info tol juga bisa digunakan untuk mempermudah pengguna jalan tol mencari informasi terkini terkait lalu lintas di jalan tol, melihat fitur aplikasi ini cukup lengkap.

Selain live update dan berita terkini, aplikasi ini juga digunakan untuk mengecek tarif tol dan estimasi antar ruas tol untuk semua golongan kendaraan, fitur navigasi, peta tol seluruh Indonesia, hingga pengaduan. Jadi pengguna mengontak langsung BUJT terkait jika ada kejadian atau kendala di jalan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi 'Panen' Tol Baru Akhir Tahun Ini, Ini Lokasinya


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading