Internasional

Dituding Mulai Serang Rusia, Jawaban Ukraina Bikin Bingung

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
01 April 2022 21:32
Gambar satelit menunjukkan baju besi dan artileri self-propelled dimuat dalam mobil yang melewati halaman rel di Yelnya, Rusia, Minggu (13/2/2022). (2022 Maxar Technologies/Handout via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ukraina enggan mengakui sekaligus tak membantah bahwa pasukannya berada di balik serangan terhadap depot minyak di Kota Belgorod, Rusia.

"Saya tidak dapat mengkonfirmasi atau menolak klaim bahwa Ukraina terlibat dalam hal ini karena saya tidak memiliki semua informasi militer," kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, dikutip Reuters, Jumat (1/4/2022).

Sebelumnya, sebuah serangan udara telah terjadi pada Jumat, (1/4/2022) di kota Belgorod Rusia. Diduga serangan dilakukan oleh militer Ukraina.


Dalam laporan CNN International, Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov mengatakan serangan mengenai sebuah depot minyak. Dalam serangan itu, dua orang dilaporkan terluka.

"Kebakaran yang terjadi di tempat penampungan minyak datang dari dua helikopter tentara Ukraina yang terbang dengan ketinggian yang rendah," ujarnya dalam akun Telegram.

"Satuan penyelamat telah berada di lokasi untuk mengamankan situasi. Namun tak ada ancaman serius bagi warga kota."

Belgorod sendiri merupakan wilayah Rusia yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Bila memang terkonfirmasi, ini menjadi serangan kedua yang datang dari Kyiv ke Negeri Beruang Merah. Sebelumnya pada Selasa lalu sebuah serangan juga terjadi di sebuah perkemahan militer di sekitar Belgorod.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lebih dari 5 Juta Warga Ukraina Mengungsi, ke Mana Saja?


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading