Tol Japek II Bablas ke Bandung, Waktu Tempuh Bisa 95 Menit!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
01 April 2022 13:30
Suasana proyek Tol Jakarta – Cikampek II Selatan di kawasan Sadang, Jawa Barat, Jumat (25/3/2022). Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 64 km yang terdiri atas 3 seksi. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tol Jakarta -Cikampek (Japek) II Selatan diharapkan akan mempersingkat jarak dan waktu perjalanan dari Jakarta-Bandung atau sebaliknya. Misalnya bagi kendaraan yang dari sekitar kawasan BSD sampai Pondok Indah ke arah Bandung, tak perlu memutar ke simpang Cikunir. Namun, sebelum Cikunir, bisa langsung memutar ke kanan ke arah Jatiasih Bekasi, hingga tembus kawasan Sadang Purwakarta sejauh 62 km, lalu menuju Padalarang Bandung.

Berdasarkan pengukuran via Google Maps, jarak Pintu Gerbang Jatiasih melalui jalur tol eksisting Jakarta-Cikampek sampai Sadang sekitar kurang lebih 72 km. Artinya dengan melewati Tol Japek II Selatan bisa memangkas jarak perjalanan kurang lebih sampai 10 km.

Bila melihat fakta di atas maka jarak tempuh untuk perjalanan tujuan Jakarta-Bandung bisa lebih cepat lagi dari biasanya. Artinya sebelum sampai wilayah Bandung, sudah ada pemangkasan waktu maupun jarak.


"Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat," ujar Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo.

Waktu tempuh 45 menit masih menghitung waktu tempuh dari Jatiasih di Kota Bekasi, ke wilayah Sadang Purwarkarta. Bila untuk menuju Kota Bandung, pintu keluar Pasteur misalnya, masih ada jarak 50 km lagi untuk sampai ke pusat Kota Bandung, dengan tambahan waktu estimasi sekitar 35-40 menit. Sehingga bila pengendara dari Jatiasih ke Pasteur, dengan kecepatan konstan 80 km jam, maka waktu tempuhnya sekitar 95 menit. Tentu estimasi waktu ini bersifat relatif.

Fungsional Arus Balik Mudik 2022

Tol Japek II Selatan seksi 3 Tamanmekar - Sadang dalam proses konstruksi yang kini sudah di atas 60%, sementara untuk paket 1 Jatiasih - Setu dan paket 2 Setu - Tamanmekar masih dalam proses perencanaan teknis, dan persiapan pengadaan konsultan serta kontraktor yang dimulai pada bulan depan.

Sebagian Tol Cikampek II Selatan khususnya seksi 3 direncanakan akan difungsikan untuk mengakomodir arus balik lebaran 2022 jika terjadi kepadatan kendaraan di jalan Tol Purbaleunyi. Seksi 3 dari Taman Mekar Sari menuju Sadang (Sta 34+150-Sta 64+000) sepanjang 27,85 km, masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Bambang Sulistyo menegaskan pengoperasian Japek II Selatan saat libur Lebaran nanti sifatnya nanti adalah sebagai jalur alternatif. Meski demikian, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol. Dan, karena masih fungsional masih bebas biaya alias gratis.

"Bebas biaya. Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar," kata.

Khusus  seksi 3 diharapkan bisa selesai seluruhnya pada akhir tahun ini, dan beroperasi penuh pada 2023. Sedangkan seksi lainnya terus dikebut pengerjaannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tol Japek Kembali Dikebut Jakarta-Bandung Cuma Sejam!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading