Tol Japek Selatan Sebentar Lagi Jadi, Ini Perkembangannya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
10 February 2022 18:50
Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated/Doc.Jasa Marga

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar - Sadang) sepanjang 27,85 km sudah mencapai 60,82% pada akhir Januari 2022 kemarin. Ditargetkan awal 2023 sudah bisa beroperasi.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) D. Hari Pratama, jalan tol ini terdiri dari tiga seksi. Dimana pekerjaan pada seksi 3 menjadi prioritas yang masuk pada wilayah Kabupaten Karawang dan Purwakarta.

Sementara untuk progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan sudah mencapai 57,18%. Secara detail dijabarkan untuk seksi 3 sudah 92,04%, seksi 2 wilayah Setu - Tamanmekar 38,29%, dan seksi 1 Jatiasih - Setu 3,29%.


Pembangunan jalan tol Japek II selatan pada wilayah Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi) akan terintegrasi dengan tol Cipularang, Cimanggis - Cibitung (JORR 2). Dimana proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan 3).

"Kami menargetkan menyelesaikan konstruksi dari seksi 3 (Tamansari-Sadang) di akhir 2022, dengan rencana pengoperasian di awal tahun 2023," kata Hari dalam keterangan, Kamis (10/2/2022).

Sebagai informasi, tol Japek II Selatan dibangun dengan total investasi Rp 14,69 triliun dengan masa konsesi selama 35 tahun.

Adanya tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan Jika telah beroperasi penuh.

Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. Diharapkan dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tol Japek II Bablas ke Bandung, Waktu Tempuh Bisa 95 Menit!


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading