Rakyat Siaga, Harga Sembako Makin Gila!

News - Tim Riset CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
29 March 2022 09:58
Pekerja menuang minyak curah milik Tah Lan di pasar Pondok Labu, Jakarta, Rabu, 26/1. Setelah seminggu diberlakukannya kebijakan satu harga, yakni minyak goreng berbanderol Rp 14 ribu per liter, ternyata penyesuaian harga tersebut belum terjadi di pasar tradisional. Satu di antaranya Pasar Jaya Pondok Labu, Jakarta.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, Rabu (26/1/2022), harga minyak curah di Pasar Jaya Pondok Labu masih dipatok harga Rp 21 ribu per liternya dan minyak kemasan seharga Rp 20.000 per liter. 

Tah Lan, seorang pedagang warung sembako di Pasar Pondok Labu ini menilai kebijakan pemerintah dengan memberikan subsidi harga minyak sudah bagus.

Jakarta, CNBC Indonesia - Akhir pekan ini, umat Islam akan mulai menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadan disambut dengan penuh suka cita.

Namun di tengah kegembiraan menjalani ibadah bulan suci ada 'ritual' tahunan yang juga haris dijalani. Pada bulan Ramadan, harga berbagai kebutuhan pokok melonjak karena tingginya permintaan. Maklum, Ramadan dan Idul Fitri adalah puncak konsumsi rumah tangga di Indonesia.

Tahun ini situasinya agak berbeda. Puncak konsumsi masih ada, tetapi ditambah dengan harga komoditas yang melambung. Perang Rusia-Ukraina membuat harga komoditas energi, tambang, hingga pangan melonjak bahkan hingga mencatat rekor baru.


Bagaimana situasi harga kebutuhan pokok di Indonesia? Seberapa parah kenaikannya dan sampai kapan akan terjadi?

Untuk mendalami lebih lanjut, silakan simak Laporan Khas Tim Riset CNBC Indonesia di sini: Rakyat Siaga, Harga Sembako Makin Gila!

Selamat menikmati...


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gara-gara Indonesia, Harga Sembako Dunia Meroket!


(aji/aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading