Economic Outlook 2022

Softbank Mundur dari Proyek IKN, Sri Mulyani Buka Suara!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
22 March 2022 16:32
Menteri Keuangan Sri Mulyani di acara CNBC Indonesia Economic Outlook, Selasa (22/3). (CNBC Indonesia/Tri Susilo))

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara mengenai batalnya Softbank berinvestasi pada proyek pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara di Kalimantan. 

"Kemarin banyak orang bilang softbank batal gitu. Kalau mengatakan mereka impression of interest semua orang juga (bilang tertarik)," ujarnya dalam CNBC Economic Outlook, Selasa (22/3/2022).


Menurutnya, bahkan dalam pertemuan yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pemimpin dunia lainnya, banyak juga yang menyatakan ketertarikannya masuk ke proyek IKN.

'Kalau Presiden ketemu sama banyak pimpinan negara pada bilang we want to support," kata dia.

Lanjutnya, ketertarikan tersebut tidak hanya disampaikan ke Presiden tetapi juga kepada dirinya sebagai bendahara negara. Artinya, ia menilai bahwa sangat wajar investor mengatakan ketertarikan ke proyek mana saja termasuk IKN namun bukan berarti setelah itu langsung jadi dan masuk ke dalam proyek.

Sebab, untuk investor masuk ke dalam sebuah proyek harus dilakukan dengan negosiasi bisnis yang panjang. Tidak ada yang cepat.

"Saya aja sebagai Menkeu di berbagai kesempatan banyak yang menanyakan bagaimana IKN. Is there opportunity untuk mereka, ini bukan sesuatu yang instan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

SoftBank Corp Mundur, Batal Investasi di Ibu Kota Nusantara


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading