Warning! Harga Batu Bara Khusus Pupuk Cs Segera Berakhir

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
22 March 2022 14:05
Kapal tongkang Batu Bara (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara khusus untuk industri Pupuk dan semen. Kebijakan harga khusus tersebut sejatinya berakhir pada 31 Maret 2022 ini sejak diberlakukan pada 1 November 2021.

Lalu apakah akan diperpanjang?

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti apakah kebijakan harga batu bara khusus untuk industri semen dan pupuk akan diperpanjang. Pasalnya, kebijakan ini baru akan selesai pada 31 Maret mendatang.


"Iya menurut aturannya, tapi kan bisa diperpanjang oleh pemerintah kan kalau ini. Jadi mungkin tanyakan ke pemerintah sih mau diperpanjang atau tidak kalau menurut aturan sih sampai Maret," kata dia kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/3).

Seperti diketahui, Kementerian ESDM sendiri telah mematok harga batas atas batu bara khusus untuk industri semen dan pupuk dalam negeri sebesar US$ 90 per ton. Hal tersebut tertuang dalam keputusan Menteri ESDM nomor 206.K/HK.02/MEM.B/2021.

Adapun aturan yang diteken oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 13 April ini berlaku mulai 1 November 2021. Kemudian kebijakan harga ini berlaku hingga 31 Maret 2022.

Kepmen ini menetapkan harga jual batu bara untuk kebutuhan bahan baku industri semen dan pupuk di dalam negeri US$ 90 per ton Free On Board (FOB) Vessel dengan spesifikasi acuan pada kalori 6.322 kcal/kg, total moisture 8%, total sulphur 0,8%, dan ash 15%.

Sayang, sampai berita ini diturunkan, Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin belum merespon pertanyaan dari CNBC Indonesia, sehingga belum bisa diketahui apakah kebijakan harga batu bara khusus ini bakal diperpanjang atau tidak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cuan! Importir Batu Bara Eropa Putar Arah Dari Rusia ke RI


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading