Economic Outlook 2022

Pabrik Domestik Diharap Bisa Serap Logam Tembaga Freeport

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
22 March 2022 17:20
PT Freeport

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengharapkan logam atau katoda tembaga yang dihasilkan dari smelter tembaga miliknya dapat diserap oleh pabrik domestik. Dia menjelaskan, smelter tembaga PTFI nantinya bakal menghasilkan katoda tembaga yang dapat dimanfaatkan oleh industri lainnya yang ada di Indonesia.

"Kalau itu tidak tumbuh kan sayang katoda tembaganya akan diekspor semuanya. Jadi diharapkan ini tentu saja Kementerian Perindustrian dan kementerian lainnya juga bekerja bersama-sama untuk bagaimana industri hilirnya lagi bisa lebih tumbuh, sehingga apa yang kami lakukan dengan melakukan produksi katoda tembaga akan bisa langsung dimanfaatkan industri lainnya," tegas Tony dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3/2022).

Diketahui, saat ini PTFI tengah membangun smelter tembaga di Kawasan Industri Terintegrasi JIIPE di Gresik, Jawa Timur. Smelter yang diprediksi mulai beroperasi paling tidak 2024 ini disebut dapat mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga menjadi 600 ribu ton katoda tembaga per tahun.


Tidak hanya memproduksi katoda tembaga, di smelter ini juga terdapat fasilitas pemurnian logam berharga yang menghasilkan produk berupa emas, perak, dan logam berharga lainnya.

Pemerintah telah mendorong sektor pertambangan minerba bisa melakukan hilirisasi untuk menciptakan nilai tambah. Dengan begitu Indonesia tidak lagi menjual barang tambang mentah.

Adapun sampai 2024 pemerintah menargetkan sebanyak 53 fasilitas pengolahan dan pemurnian hasil tambang atau smelter beroperasi. Beberapa smelter ini terdiri dari 4 smelter tembaga, 30 smelter nikel, 11 smelter bauksit, 4 smelter besi, 2 smelter mangan, dan 2 smelter timbal dan seng.

"Program hilirisasi ini adalah program yang baik dan perlu dijalankan dan harus dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi supaya sektor-sektor yang lain merasakan manfaat daripada hilirisasi itu sendiri," ujar Tony.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan menggenjot hilirisasi komoditas tambang di tahun 2022. Kepastian itu disampaikan Jokowi saat memberikan keynote speech pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2022.

"Hilirisasi akan terus kita lanjutkan dengan turunan produk yang lebih banyak dan lebih bervariatif. Hal ini akan membuka investasi yang lebih besar dan membuka lapangan kerja yang semakin banyak," ujarnya.

Selain itu, menurut Jokowi, nilai ekspor akan terus meningkat sehingga berujung pada perbaikan balance of payment dan memperkokoh fiskal serta moneter dalam negeri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perkokoh Fondasi Ekonomi RI, Jokowi Terus Genjot Hilirisasi


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading