Economic Outlook 2022

CT Ungkap Ternyata Krisis Bawa Berkah Buat RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
22 March 2022 09:58
Chairman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung memberikan opening remarks pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2022. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Chairman & Founder CT Corp, Chairul Tanjung memberikan opening remarks pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2022. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Chairiman CT Corp Chairul Tanjung menegaskan krisis pandemi dan perang Ukraina-Rusia lainnya pada akhirnya jadi berkah meski membawa masalah. Saat ini semua sektor terpukul khususnya pariwisata dan transportasi hingga UMKM kena dampak pandemi dan perang mendongkrak berbagai harga komoditas.

"Tuhan tak akan kasih cobaan melebihi kemampuan umatnya, krisis di satu sisi bawa masalah tapi di sisi lain bawa berkah," kata pria yang biasa disapa CT ini dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/3).

Ia mengatakan Indonesia sedang menuju akhir pandemi tapi mendapat tailwind, atau ibarat pesawat terbang yang dapat dorongan angin dari belakang yang mendorong percepatan ekonomi lebih cepat.

"Harga komoditas naik karena ekonomi Indonesia mash berbasis sumber daya alam, sehingga penerimaan pemerintah meningkat yang tadinya minus jadi surplus. Begitu juga neraca dagang menjadi surplus luar biasa dan capai rekor tertinggi sejak 15 tahun terakhir, karena ekonomi Indonesia dari SDA beberapa sektor usaha dapat windfall," katanya.

CT bilang hal ini tentu menghasilkan tantangan baru seperti harga produk konsumer naik tapi di sisi lain diikuti juga dengan peningkatan daya beli. Akibatnya inflasi makin tinggi.

"Dengan adanya perang Rusia Ukraina menambah dahsyatnya harga komoditas, harga minyak dunia tembus US$100 dan kelapa sawit 700 ringgit. Inilah hal-hal yang jadi masalah di satu sisi tetapi jadi benefit di sisi lain," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Percepat Pemulihan dan Harapan Baru Ekonomi RI di 2022


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading