Bambang Susantono & Dhony Rahajoe, Bos IKN Pilihan Jokowi!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 March 2022 06:34
Akselerasi transformasi sistem peradilan konvensional menjadi sistem peradilan modern telah dilakukan Mahkamah Agung guna mempercepat transformasi hukum Indonesia. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Mahkamah Agung dalam mempercepat pembangunan pengadilan modern. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Akselerasi transformasi sistem peradilan konvensional menjadi sistem peradilan modern telah dilakukan Mahkamah Agung guna mempercepat transformasi hukum Indonesia. Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengapresiasi langkah Mahkamah Agung dalam mempercepat pembangunan pengadilan modern. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo pada hari ini, Kamis (10/3/2022) dipastikan akan melantik kepala dan wakil kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) masa jabatan tahun 2022 - 2027.

Berdasarkan informasi yang dihimpun hingga hari ini, pelantikan kepala dan wakil kepala Badan Otorita IKN akan dilantik bersamaan dengan pelantikan gubernur Sulawesi Selatan sisa masa jabatan 2022-2023.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, pada pukul 15.00 WIB.

Bambang Susantono disebut akan dilantik sebagai kepala Badan Otorita IKN. Sementara wakil Kepala Badan Otorita IKN akan diisi oleh Donny Rajahoe, menurut sumber CNBC Indonesia di lingkaran pemerintah.

Pada pertengahan bulan lalu, Jokowi telah resmi meneken Undang-Undang (UU) 3/2022 tentang Ibu Kota Negara, sebagai tanda dimulainya pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Vice President Asian Development Bank, Bambang Susantono dalam acara CNBC Indonesia Conference dengan tema Foto: Vice President Asian Development Bank, Bambang Susantono dalam acara CNBC Indonesia Conference dengan tema "Water Security and Sustainability" di Auditorium Menara Bank Mega, Selasa, (23/7/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Vice President Asian Development Bank, Bambang Susantono dalam acara CNBC Indonesia Conference dengan tema "Water Security and Sustainability" di Auditorium Menara Bank Mega, Selasa, (23/7/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa IKN akan dipimpin oleh kepala dan dibantu oleh seorang wakil yang ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan langsung oleh presiden.

Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Sebelumnya, Bambang adalah pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Pria kelahiran 4 November 1963 tersebut dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Berdasarkan catatan, eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 itu memiliki perang penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

Lembaga donor tersebut menunjuk Bambang Susantono sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Donny Rahajoe merupakan salah satu petinggi perusahaan Sinar Mas Land. Saat ini, ia berstatus sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi memang kedapatan pernah bertemu dengan Donny Rahajoe. Pertemuan tersebut terjadi pada akhir tahun lalu, kala Jokowi berkunjung ke kawasan Green Office Park, BSD City.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala IKN


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading