RI Menuju Endemi: Naik Pesawat Tak Perlu PCR, No Karantina!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 March 2022 15:24
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan Saat Memberikan Keterangan Hasil Ratas Evaluasi PPKM, 7 Maret 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan baru seiring dengan terkendalinya penanganan pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Kini, jika masyarakat sudah mendapatkan vaksin lengkap, maka tidak perlu untuk melakukan PCR dan antigen. Selain itu, pemerintah juga mulai mengizinkan kompetisi olahraga untuk menerima penonton dengan syarat booster.


Bahkan, pemerintah akan berencana membebaskan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) pada 1 April 2022. Saat ini, pemerintah tengah melakukan uji coba pembebasan karantina di Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa kebijakan tersebut diberlakukan dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari para ahli.

"Selain itu peta jalan dibuat dengan prinsip kehati-hatian, bertahap, bertingkat," kata Luhut dalam konferensi pers usai rapat evaluasi PPKM, Senin (7/3/2022).

Luhut menegaskan kebijakan pemerintah diambil dengan tetap mempertimbangkan aspek kehati-hatian. Menurutnya, ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mempersiapkan transisi dari pandemi ke endemi.

"Kita harus siap menuju proses transisi bertahap dengan menerapkan kebijakan berbasis data yang ada, semua upaya harus didukung, edukasi dan berdampingan dengan covid," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Menakuti, Tapi Ini 'Ngerinya' Omicron Versi Luhut


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading