Internasional

Jreng! PM Israel Tiba-tiba Bertemu Putin "4 Mata", Ada Apa?

News - Novina Putri Bestari & Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 March 2022 09:09
PM Israel Naftali Bennett. (AP/Ariel Schalit)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri Israel Naftali Bennet bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Sabtu (5/3/2022) waktu setempat. Ini diungkapkan oleh juru bicara Bennet sebagaimana dimuat CNN International.

Ia berangkat langsung ke Moskow setelah panggilan telepon dengan Putin Rabu lalu. Dalam pertemuan tersebut, Bennet mengangkat masalah komunitas besar Yahudi yang terjebak saat perang Rusia dan Ukraina.


Hal ini juga dibenarkan Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov. Ia mengatakan kepada kantor berita Rusia bahwa Putin dan Bennett sedang "membahas situasi di Ukraina", sebagaimana dimuat AFP.

Belum jelas apa hasil pertemuan itu. Yang pasti, setelah melakukan pertemuan dengan Putin, Yahudi religius itu juga dikabarkan berbicara dengan Presidem Ukraina Volodymyr Zelensky.

Bennett sendiri dikabarkan tengah menuju Jerman. Pejabat Israel mengatakan Bennet telah mengkoordinasikan soal perang ke Jerman, Prancis, Serikat (AS).

Sementara itu Presiden Perancis Emmanuel Macron juga telah mengakui adanya komunikasi dengan Bennet. Istana Elysee mengungkapkan ini dilakukan sebelum kepergiannya ke Moskow, memberitahukan percakapannya dengan Putin.

"Mereka akan tetap berhubungan untuk tujuan gencatan senjata dan berkoordinasi dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz," ujar pejabat Elysee.

Minggu depan, Israel berencana mengirimkan tim medis untuk membangun rumah sakit lapangan. Kementerian Kesehatan setempat mengatakan ini untuk merawat para pengungsi perang.

Israel juga menawarkan untuk menjadi penengah atas konflik Rusia dan Ukraina. Meskipun sebelumnya para pejabat tidak berharap banyak adanya terobosan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Operasi Militer Putin, Perang Rusia-Ukraina Dimulai


(npb/npb)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading