PPRE Selesaikan Proyek Jalan Tol Manado-Bitung-Danowudu

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
28 February 2022 17:36
Peresmian Jalan Tol Manado – Bitung, Ruas Danowudu – Bitung, Kota Bitung, 25 Februari 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - PT PP Presisi Tbk (PPRE) dan PT PP (Persero) Tbk (PTPP) telah menyelesaikan Pembangunan Jalan Tol Manado Bitung dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (25/2/2022) lalu.

Total panjang jalan tol sepanjang 39,8 km tersebut menghubungkan Manado ke Kota Bitung sampai dengan Donowudu. Sehingga perjalanan yang sebelumnya ditempuh dalam waktu 1,5 jam sampai dengan 2 jam saat ini dapat ditempuh dalam jangka waktu 30 menit.

PPRE dan PTPP dalam mendukung pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung-Danowudu sebagai subkontraktor dengan lingkup pekerjaan dari cut and fill, lapisan pondasi agregat, lean concrete, sampai perkerasan beton.


"Jalan Tol Manado-Bitung merupakan sinergi kami dengan PTPP (Group) sebagai Entitas Induk dengan jangka waktu pekerjaan ±4,5 tahun mulai dari 16 November 2017. Panjang jalan tol yang kami kerjakan sepanjang 25,7 km, yaitu dari km 14,1 sampai dengan km 39.8 dengan lingkup pekerjaan mulai dari penggalian sampai dengan perkerasan beton dengan alat berat yang kami gunakan sebanyak 140 unit alat berat yang terdiri slipform paver, excavator, vibro roller, batching plant, dump truck, truck mixer, grader, dan wheel excavator," ujar Direktur Utama PPRE Rully Noviandar dalam keterangan tertulis, Senin (28/2/2022).

"Ke depan kami akan terus melakukan sinergi dengan PTPP dalam pekerjaan sipil dengan pekerjaan yang lebih komprehensif serta perolehan kontrak baru pada pekerjaan sipil sebagai main contractor pada market di luar PTPP (Nongroup) seperti yang telah didapatkan dalam pekerjaan Proyek Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3, di mana kami bersinergi dengan entitas anak PT LMA untuk pembangunan jalan tol sebagai main contractor yang diperkirakan akan selesai pada bulan Mei 2022," lanjut Rully.

Dia berharap jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 km dapat bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Sulawesi Utara guna mendukung aktivitas masyarakat. Di antaranya meningkatkan efisiensi dalam waktu pengiriman logistik dari pelabuhan ke Kota Manado, membantu akses ke kawasan wisata Likupang, dan mempermudah jalan akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Sehingga diharapkan dapat menarik investor dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara," pungkasnya.

Sebagai informasi peresmian Jalan Tol Manado Bitung dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Wali kota Manado Andrei Angouw, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hutama Karya Rampungkan Proyek Strategis 2021, Ini Rinciannya


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading