Gara-Gara Rusia, Final Liga Champions 2022 Digeser ke Paris

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
27 February 2022 17:00
A fountain is seen at a FIFA World Cup fan zone in Volgograd, Russia, June 17, 2018. As well as shooting all the matches, Reuters photographers are producing pictures showing their own quirky view from the sidelines of the World Cup.   REUTERS/Toru Hanai

Jakarta, CNBC Indonesia - Konfederasi sepak bola Eropa (UEFA) menyatakan Final Liga Champions 2021/2022 yang semula akan digelar di Rusia resmi dipindah ke Paris karena dampak perang. Keputusan ini muncul setelah UEFA melakukan pertemuan darurat pada Jumat (25/2/2022) kemarin.

Semula UEFA menetapkan Stadion Krestovsky di Saint Petersburg, Rusia, sebagai venue final Liga Champions. Namun, lokasi partai puncak turnamen antarklub Eropa itu dipindah ke Stade de France, Paris, Prancis pada 28 Mei 2022.

Dilansir dari New York Times, UEFA mengatakan akan memindahkan semua pertandingan yang melibatkan Rusia dan Ukraina, baik untuk pertandingan klub maupun pertandingan internasional.


"UEFA ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron atas dukungan dan komitmen pribadinya untuk memindahkan pertandingan paling bergengsi sepak bola klub Eropa ke Prancis pada saat krisis yang tak tertandingi," tulis UEFA dalam pernyataan resminya, dikutip Minggu (27/2/2022).

"Bersama dengan pemerintah Prancis, UEFA akan sepenuhnya mendukung upaya multi-stakeholder untuk memastikan penyediaan penyelamatan bagi pemain sepak bola dan keluarga mereka di Ukraina yang menghadapi penderitaan, kehancuran, dan pemindahan manusia yang mengerikan," terang UEFA.

Meski demikian, keputusan untuk memindahkan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada akhir Maret nanti dari Rusia tergantung keputusan FIFA. Sejauh ini belum ada keputusan dari FIFA.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Senjata Rusia Bisa 'Lenyapkan' Inggris dalam 20 Menit


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading