Pindah ke Negara Ini, Dijamin Aman dari Perang Dunia 3

News - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
24 February 2022 15:20
Citra satelit perlihatkan pasukan baru Rusia di dekat Ukraina. (via REUTERS/MAXAR TECHNOLOGIES) Foto: Citra satelit perlihatkan pasukan baru Rusia di dekat Ukraina. (via REUTERS/MAXAR TECHNOLOGIES)

Jakarta, CNBC Indonesia - Konflik antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serika, Eropa dan NATO saat ini diyakini bisa memicu Perang Dunia ke-3 (World War III). Terbaru, ledakan dilaporkan terjadi di ibu kota Ukraina Kyiv, Kamis (24/2/2022) waktu setempat.

Jika benar terjadi Perang Dunia 3, berikut rekomendasi negara-negara teraman untuk ditinggali, dihimpun CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Kanada

Kanda memiliki daratan yang luas, dengan sejumlah wilayah tidak memiliki populasi. Yukon misalnya, ditemukan di barat laut Kanada, namun penduduknya sangat jarang.


Wilayah ini memiliki hamparan gunung, menjadikannya tempat yang bagus untuk bersembunyi. Kanada juga memiliki persediaan lebih dari 30% air tawar dunia, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dihuni dan bercocok tanam.

2. Islandia

Islandia jadi negara nordik yang cocok untuk bersembunyi jika PD 3 terjadi. Ini karena Islandia tidak memiliki angkatan bersenjata militer, sehingga bukan menjadi ancaman.

Negara ini juga tidak berbagi perbatasan dengan negara lain sehingga menjadikannya pilihan perlindungan yang lebih aman.

Sejumlah besar warga sipil memiliki senjata, tapi ada aturan ketat dalam pembeliannya. Selain itu, angka kejahatan sangat rendah.

3. Selandia Baru

Negara dekat Australia ini memiliki lokasi terpencil. Hubungan diplomatiknya dengan sekutu yang kuat menjadikan negara ini cukup aman untuk bersembunyi.

Selandia Baru juga merupakan salah satu tempat paling mandiri di dunia dalam hal pangan dan pertanian. Negara ini juga memiliki sedikit sistem sumber daya yang "terkuras" berkat populasi yang rendah.

4. Swiss

Swiss adalah negara pegunungan dan memiliki beragam etnis. Meskipun dikelilingi oleh negara-negara yang secara historis bergejolak (seperti Austria, Prancis, dan Jerman), Swiss masih merupakan tanah yang sangat damai dan makmur karena geografinya dan persiapan pemerintah untuk perang.

5. Irlandia

Irlandia merupakan negara netral sejak Perang Dunia 1, sehingga menjadi negara yang diprediksi tidak mungkin terkena serangan nuklir jika terjadi Perang Dunia 3.

Irlandia secara geografis jauh dari kekuatan yang terlibat dalam konflik global, seperti Amerika, Korea Utara, dan Rusia yang menjadikannya negara yang baik untuk berlindung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Dag Dig Dug, RI Bisa Kena Efek Perang Dunia III?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading