Kabar Baik! Simak Transisi Pandemi Covid ke Endemi RI

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 February 2022 07:26
Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, Jakarta, (21/2/2022) (Tangkapan layar Youtube Sekpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap sejumlah skenario transisi pandemi virus corona (Covid-19) menjadi endemi di Indonesia.

Mengutip keterangan tertulis dalam konferensi pers evaluasi PPKM, Luhut angkat bicara kapan status pandemi Covid-19 bisa berubah jadi endemi, sehingga masyarakat bisa hidup dengan normal bersama virus tersebut.


"Kita akan melakukan transisi ini secara bertahap, bertingkat dan berlanjut dengan berbasiskan data kesehatan, ekonomi, sosial budaya, serta menerapkan prinsip kehati-hatian," kata Luhut, seperti dikutip Kamis (24/2/2022).

Luhut mengemukakan penetapan status endemi harus diukur berdasarkan tingkat imunitas atau kekebalan tubuh masyarakat. Selain itu, juga mengukur dari tingkat kasus yang rendah berdasarkan indikator WHO.

Penetapan status endemi juga akan mengukur kapasitas fasilitas kesehatan suatu negara yang memadai. Endemi juga akan tercapai jika terjadi dalam rentan waktu yang lama, stabil, dan konsisten.

Luhut menegaskan konsep, kriteria dan indikator status pandemi menuju endemi akan terus disempurnakan dan diperbaharui dengan para pakar dan ahli di bidangnya dari waktu ke waktu secara bertahap.

"Untuk dapat mencapai cita-cita transisi dari pandemi ke endemi, hal utama yang perlu dilakukan adalah menggenjot vaksinasi dosis kedua dan booster utamanya bagi para lansia," kata Luhut.

Luhut menegaskan pemerintah telah mendorong dan meminta kepada jajaran pemerintah daerah untuk terus aktif mensosialisasikan dan memaksimalkan jumlah vaksin booster bagi masyarakat.

"Saya juga meminta masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga ataupun yang sudah di vaksinasi lengkap dengan rentang waktu 6 bulan dapat langsung mendatangi gerai vaksin yang telah disiapkan," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RI Sukses Tangani Pandemi, Luhut: Berkat Kepemimpinan Jokowi


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading