Ngeri Ancam Ekonomi RI, Sri Mulyani Pantau Ukraina Vs Rusia!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
22 February 2022 16:30
Konferensi Pers APBN KITA Edisi Februari 2022 (Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memantau sederet permasalahan global yang mampu mengancam perekonomian Indonesia. Mulai dari situasi China hingga ketegangan di Ukraina.

Permasalahan China kini adalah pelemahan ekonomi yang ditunjukkan dari PMI manufaktur yang di bawah standar akibat dari pengetatan oleh pemerintah akibat tingginya kasus varian covid-19 omicron serta gangguan rantai pasok.


"Di China ada fenomena PMI kontraksi yang harus diwaspadai," ujarnya dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (22/2/2022)

Selanjutnya adalah perubahan kebijakan moneter oleh negera maju. Salah satu yang disoroti adalah Amerika Serikat (AS) yang akan menaikkan suku bunga acuan dalam waktu dekat akibat lonjakan inflasi.

Sri Mulyani juga mewaspadai kondisi geopolitik Rusia dan Ukraina yang dikhawatirkan memicu perang dunia ketiga. Hal ini akan menyebabkan kenaikan harga minyak dunia dan komoditas.

"Dari sisi harga komoditas kenaikan harga masih terjadi. Batu bara naik, gas naik, minyak mentah. Ini 3 komoditas yang dipengaruhi geopolitik," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkeu: Defisit APBN 2021 Menyusut ke 4,65%


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading