Warning Airlangga: Episentrum Covid-19 Bergeser ke Jawa Barat

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 February 2022 16:13
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto saat memberi Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Sidang Kabinet Paripurna, Kantor Presiden,16 Feb 2022 Foto: Airlangga Hartarto (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Dalam keterangan pers setelah rapat, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan, terdapat sejumlah topik yang dibahas, salah satunya terkait penanganan pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pada Selasa (15/2/2022), kasus konfirmasi positif mencapai 57.049 kasus atau melampaui puncak tertinggi saat transmisi lokal varian Delta tahun lalu yang mencapai 56.757. Pun di sejumlah daerah di mana kasus harian melebihi titik tertinggi saat penularan masif varian Delta di 2021.

"Dan berdasarkan situasi yang membedakan kasus Delta dan Omicron ini tingkat BOR saat ini masih di angka 33,41%. Jadi ini membedakan dengan kasus Delta lalu," ujar Airlangga.


Kendati demikian, pemerintah berharap masyarakat terus waspada agar transmisi tidak meningkat. Sebagai tindak lanjut, beberapa daerah dinaikkan level PPKM.

"Terutama episentrumnya di Jakarta, bergeser ke Jawa Barat. Dalam 2-3 minggu ke depan bisa ke luar Jawa," kata Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan pemerintah terus mendorong pelayanan pasien Covid-19 via telemedisin bagi mereka yang tanpa gejala atau gejala ringan. Mereka dapat menjalani isolasi mandiri di rumah maupun di isolasi terpusat jika tempatnya tidak memadai.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pemerintah Kaji Pfizer Hingga Sinovac Sebagai Vaksin Booster


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading