CNBC Insight

Terungkap! Riwayat Ukraina yang Katanya Akan Diserang Rusia

News - Petrik M, CNBC Indonesia
16 February 2022 20:52
In this photo taken from video provided by the Russian Defense Ministry Press Service on Tuesday, Feb. 15, 2022, Russian army tanks stand ready to move back to their permanent base after drills in Russia. In what could be another sign that the Kremlin would like to lower the temperature, Russia's Defense Ministry announced Tuesday that some units participating in military exercises would begin returning to their bases. (Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ukraina yang katanya hendak diserbu Rusia ternyata punya sejarah panjang. Kawasan Ukraina punya riwayat prasejarahnya terkait dengan Neanderthal, zaman tembaga dan perunggu. Perang memang sejak dulu mewarnai sejarah Ukraina.

Pada tahun 860-an negeri Kiev Rus berdiri Ukraina. Agam Kristen Ortodok masuk sekitar 988, di masa Vladimir Agung berkuasa. Pada abad pertengahan ini Kiev Rus termasuk kerajaan berpengaruh. 

Daerah Ukraina termasuk daerah yang mendapat serangan dari bangsa Mongol sekitar tahun 1240. Danylo dari Galicia pada 1249 gagal mengusir bangsa Mongol dan Galicia, yang terletak di sisi barat Ukraina. Negeri ini kemudian diduduki oleh Polandia. Selain Polandia, Lituania juga pernah memasuki negeri itu.


Kawasan Ukraina, pada abad ke-15 berada dalam kuasa persemakmuran Polandia-Lituania. Pemberontakan melawan dominasi Polandia yang Katolik terjadi pada 1648. Bangsa Kozak, yang jago perang, kekaisaran Hapsburg Austria dan Kekaisaran Rusia juga pernah masuk ke Ukraina.

Pada 1783, Kekaisaran Rusia bahkan merebut Krimea, yang termasuk dalam wilayah Ukraina. Di kawasan itu, Rusia pernah diperangi Inggris, Perancis, Sardinia dan Turki Utsmaniyah dalam Perang Krim.

"Prancis, Inggris, dan Turki adalah penyerang," tulis AW Kinglake dalam The Invasion of The Crimea (1877:3). Wilayah yang diserang adalah Krimea yang kala itu milik Rusia. Peran terjadi antara tahun 1853 hingga 1856. Perang berakhir dengan pertempuran dalam pengepungan Sevastopol dimana Rusia kalah.

Di masa-masa ini, Kekaisaran Rusia menjadi penguasa yang dominan atas daerah Ukraina. Pada 1890, sebuah partai politik radikal pertama kalinya lahir di Lviv. Pada tahun-tahun pertama Perang Dunia I Rusia menyerang Galicia. Namun pada 1917, Rusia tak berdaya.

Kaisar Rusia Tsar Nicolaas II bahkan kemudian terguling dan keluarganya dihabisi. Itulah momen revolusi kaum kiri dimulai di Rusia.Setelah Revolusi Bolshevik meletus di Rusia, pergerakan kemerdekaan meletus di Ukraina. Sejak 8 November 1917 hingga 17 November 1921 terjadi perang kemerdekaan Ukraina.

"Pada bulan Desember 1917, mereka mengorganisir Kongres Soviet Seluruh Ukraina yang gagal menggulingkan Central Rada. Pada tanggal 25 Desember, di Kharkiv, mereka memproklamirkan pembentukan Republik Ukraina Soviet, yang akan setia kepada pemerintahan Lenin di Rusia," tulis Paul Kubicek dalam The History of Ukraine (2008:83).

Pada 1921, Republik Sosialis Soviet Ukraina terbentuk dan kemudian menjadi bagian Uni Soviet. Setelah dalam naungan Uni Soviet, bahasa Ukraina tidak menjadi bahasa resmi di tanah Ukraina. Pengaruh budaya Rusia menguat di zaman Stalin. Ketika di bawah Uni Soviet, pada 1929 Organisasi Nasional Ukraina berdiri. Ukraina lalu diperlakukan sebagai anak tiri oleh Uni Soviet.

Stalin terus menekan Ukraina, pada 1939 Ukraina diduduki paksa oleh Uni Soviet. Jerman, dalam Perang Dunia II menduduki daerah Ukraina. Kelompok nasionalis Ukraina dimanfaatkan Jerman untuk melawan tentara merah Uni Soviet. Pada 1945, sekali lagi Uni Soviet menduduki Ukraina.

Setelah Uni Soviet runtuh dan Perang Dingin selesai, Ukraina pada 24 Agustus 1991 merdeka dari Uni Soviet. Perlakuan Uni Soviet era Stalin, secara historis berpotensi membuat orang Ukraina tidak suka kepada Rusia. Ketika negara-negara barat macam Amerika memusuhi Rusia, barat menjadi tempat berpaling sebagian rakyat Ukraina.

Ketika Rusia menguat dan membahayakan, sebagian rakyat Ukraina memilih agar Ukraina menjadi bagian dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara The North Atlantic Treaty Organization (NATO). Ukraina dan Rusia sama-sama dekat dengan Krimea dan laut hitam. Merebut Krimea dari Ukraina sangat penting bagi Rusia. Sejak zaman kekaisaran, Rusia menempatkan armada angkatan lautnya di sekitar Laut Hitam. Era Uni Soviet, Armada Laut Hitam adalah armada laut yang cukup penting bagi Rusia.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lebih dari 5 Juta Warga Ukraina Mengungsi, ke Mana Saja?


(pmt/pmt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading