Obral Murah, Orang Kaya Jakarta Banting Harga Penthouse

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 February 2022 17:20
Penthouse (Photo by Sidekix Media on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan apartemen mengalami tekanan imbas dari pandemi termasuk di pasar bekas di Jakarta. Tidak hanya apartemen kelas menengah, namun penthouse atau apartemen mewah paling puncak unit apartemen juga mengalami tekanan.

Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) DKI Jakarta Clement Francis mengatakan pasar apartemen di DKI Jakarta memang berat, sehingga banyak yang dijual murah. Bahkan tidak jarang broker menjualnya dengan embel-embel 'banting harga'.

"Dari tahun lalu, karena harga Penthouse cukup mahal dan harus bayar service charge atau biaya maintenance yang mahal," jelasnya kepada CNBC Indonesia, Senin (14/2/2022).


Menurut hitungannya koreksi harga apartemen kelas atas ini 15% - 20% untuk di wilayah pusat Jakarta atau CBD.

Selain itu menurut dia preferensi masyarakat saat ini lebih suka pada hunian rumah tapak ketimbang membeli penthouse. Meski minat masyarakat saat ini sudah bergeser pada wilayah luar DKI Jakarta seperti BSD, Tangerang Selatan atau Bekasi.

"Konsumen lebih memilih rumah landed dari pada apartemen penthouse," katanya.

Melansir beberapa e-commerce, seperti Lamudi, salah satu unit apartemen Casablanca Penthouse di kawasan Tebet Jakarta Selatan dijual murah.

Dimana penthouse dua lantai dengan luas 644 meter persegi itu diobral murah menjadi Rp 9,9 miliar dari harga jual awal Rp 13,5 miliar. Melihat historical datanya penurunan harga terjadi sejak Juli 2021 lalu.

"Murah banget, di bawah NJOP! Apartemen Casablanca penthouse fully furnished harga dekat NJOP," tulis penjual, dikutip, Senin (14/2/2022).

Selain itu melihat salah satu apartemen yang terjual di laman OLX, Anandamaya Residence, terletak di Jalan Jenderal Sudirman dengan luasan 900 meter persegi juga dijelaskan dijual dengan harga murah.

"Rp 96 miliar termurah sebelum terjual," tulis broker Prestige SCBD Property, Susanto Lim.

Selebihnya masih banyak penthouse yang juga diobral murah harganya, meski harganya hingga puluhan miliar karena ini termasuk apartemen super mewah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Fenomena 'Apartemen Hantu' Effect, Bikin Apartemen Susah Laku


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading