Menkes: Puncak Omicron Jakarta Pekan ini, Setelah itu Turun

News - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
14 February 2022 15:46
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin Saat Konfrensi Pers PPKM. (tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memproyeksikan kasus harian Covid-19 di Jakarta akan mencapai puncak pada pekan ini. Setelah itu, menurut dia, kasus harian akan menurun.

Demikian disampaikan BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangan pers virtual, Senin (14/2/2022).

Menurut dia, ada enam provinsi dan 37 kabupaten/kota yang kasus hariannya sudah melampaui pada saat transmisi Delta merebak tahun lalu. Keenam provinsi itu andalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Papua.

"Semua provinsi yang sudah melampaui puncak Delta kasusnya, itu rumah sakitnya 30 persenan dari puncak Delta," kata BGS.

"Ada dua yang agak tinggi, yaitu Jakarta dan Bali. Tapi trennya Jakarta dan Bali sekarang, khususnya Jakarta itu sudah melandai dan kemungkinan akan segera turun berdasarkan data-data yang saya lihat di Jakarta," lanjutnya.

Lebih lanjut, BGS bilang kalau Banten, Jawa Barat, dan Bali sudah mendekati puncak. Setelah itu, puncak kasus baru akan tampak di Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, dan provinsi-provinsi di luar Jawa dan Bali.

"Tapi DKI kemungkinan besar kami mengamati bahwa minggu ini akan sampai puncaknya dan akan mulai bergerak turun. Dan rumah sakitnya nanti di level 40%-50% dibanding puncak Delta," ujar BGS.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menkes: Ada 21 Kasus Baru Omicron, Paling Banyak dari Arab


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading