Luhut Janji dari Kue APBN Rp 1.200 T, 40% Buat Jatah UMKM!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 February 2022 14:40
Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, 31 Januari 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah mendorong konsumsi produk artisan atau karya lokal. Salah satunya mandatori penyerapan dari pemerintah daerah.

"Presiden programkan kewajiban untuk membeli produk dalam negeri dari e-catalog yang akan segera dijalankan. Ini akan akan menyerap ratusan ribu tenaga kerja," kata Luhut dalam Rakernas PHRI, Rabu (9/2/2022).

Luhut yang menjadi ketua Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) mengatakan wajib hukumnya, Kementerian dan Lembaga hingga Pemerintah Daerah (Pemda) membeli 40% - 50% produk dalam negeri.


"Dimana APBN dialokasikan Rp 1.200 triliun untuk pengadaan berbagai macam barang itu dorong supaya kita mungkin bertahap Rp 500 triliun (40%) dari produk UMKM kita," katanya.

Selain itu Luhut juga bicara mengenai memperkenalkan bumbu rempah Indonesia di pasar internasional. Dia berharap juru masak dari Indonesia terus memperkenalkan masakan khas lokal ke tamu internasional di hotel, karena menjadi daya tarik wisatawan.

Pada 2021 lalu Gernas BBI kembali diluncurkan, yang merupakan kampanye untuk meningkatkan permintaan produk artisan Indonesia. Serta mempercepat siklus ekonomi lokal pasca pandemi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut: Tak Ada Negara Maju Mau Negara Berkembang Ikut Maju!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading