14 Negara Bisa 'Lenyap' Jika Perang Dunia 3 Terjadi, RI Kena?

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
06 February 2022 08:35
Pasukan cadangan yang baru bergabung dalam Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina mengikuti latihan militer di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (29/1/2022).(REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi geopolitik dunia kembali memanas. Hal ini ditandai oleh ketegangan beberapa negara yang terjadi dalam waktu dekat ini. Sebanyak 14 negara berpotensi bakal terkena imbasnya.

Terbaru adalah ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO. Rusia diyakini akan menyerang Ukraina di mana intelijen Barat mengklaim sekitar 100.000 pasukan sudah berada di wilayah sekitar perbatasan kedua negara.

Di sisi lain, AS dan NATO juga telah mengirimkan pasukan, kapal perang dan jet tempur ke wilayah Laut Hitam karena permintaan Ukraina. Kendati bekas Uni Soviet, Ukraina sekarang merapat ke NATO.


Konflik antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan AS dan NATO tersebut diyakini bisa memicu Perang Dunia ke-3 (World War III). Begitu yang dijelaskan seorang pejabat senior Ukraina kepada Sky News.

Ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS, Mark Milley menyebut perang adalah hal mengerikan. Jika terjadi, hal itu akan membuat banyak korban berjatuhan, begitu juga dari pihak Rusia.

"Jika dilepaskan di Ukraina, itu akan signifikan dan mengakibatkan sejumlah besar korban. Dan bisa Anda bayangkan seperti apa itu di daerah perkotaan yang padat, sepanjang jalan dan sebagainya. Ini akan mengerikan, akan buruk," ungkap Milley, dikutip dari laman yang sama.

Nyatanya, dampak perang ini pun juga memiliki efek besar kepada Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun memberikan perhatian khusus terhadap kondisi geopolitik yang memanas antara Rusia dan Ukraina.

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, ketegangan ini memicu ketidakstabilan di pasar global. Sementara, indeks saham utama Rusia jatuh dan bank sentral menghentikan pembelian mata uang asing setelah Rubel merosot.

Bila kondisi ini tidak terkendali, maka bisa mempengaruhi harga komoditas, khususnya energi. Indonesia sebagai pengimpor bahan bakar minyak (BBM) akan terkena imbas cukup berat dari sisi APBN maupun inflasi. "Itu pengaruhi dampak ke komoditas energi baik gas dan minyak," ujarnya.

Kondisi geopolitik lain yang menjadi perhatian adalah tensi tinggi antara China dan Amerika Serikat (AS). Baru saja pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana untuk mengizinkan diplomatnya yang berada di China untuk meninggalkan negara itu. "Jadi ini yang kita kelola di 2022," tegas Sri Mulyani.

Berikut ini daftar 14 negara yang berpotensi terdampak jika perang dunia ketiga terjadi seperti dihimpun Listsurge:

1. India

2. Mesir

3. Perancis

4. Korea Selatan

5. Iran

6. Inggris

7. Pakistan

8. Israel

9. Afghanistan

10. China

11. Rusia

12. Suriah

13. Korea Utara

14. Amerika Serikat


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lebih dari 5 Juta Warga Ukraina Mengungsi, ke Mana Saja?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading